Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Playday Wilayah APAC Selesai, Inilah 8 Tim Rainbow Six yang Maju ke APAC Finals

1 October 2019Ayyub Mustofa

Tidak ada kejutan dari wakil Jepang dan SEA, tapi wilayah Korea dan ANZ menghadirkan nuansa baru.

Rainbow Six: Siege Pro League Season 10 semakin lama semakin memanas. Dari empat wilayah besar kompetisi yaitu Eropa (EU), Amerika Utara (NA), Amerika Latin (LATAM), dan Asia Pasifik (APAC), sebagian besar telah melalui lebih dari setengah fase pertandingan reguler liga atau yang disebut Playday. Khusus untuk wilayah APAC, seluruh Playday bahkan telah selesai, dengan Playday terakhir digelar pada tanggal 27 September kemarin.

Pro League Season 10 untuk wilayah APAC meliputi kompetisi di empat wilayah kecil, yaitu Australia & Selandia Baru (ANZ), Jepang, Korea, serta Asia Tenggara (SEA). Dari masing-masing wilayah kecil ini kemudian diambil dua tim dengan peringkat klasemen tertinggi untuk maju ke babak APAC Finals. Nantinya, dua tim juara APAC Finals akan berangkat ke babak puncak yaitu Pro League Finals melawan tim-tim perwakilan wilayah besar lainnya.

Berhubung seluruh Playday di wilayah APAC sudah selesai, kini Ubisoft pun telah mendapatkan 8 tim yang akan maju ke APAC Finals. Mereka terdiri dari:

  • CYCLOPS Athlete Gaming (Jepang)
  • Nora-Rengo (Jepang)
  • Xavier Esports (SEA/Thailand)
  • Aerowolf (SEA/Singapura)
  • Cloud9 (Korea)
  • Trippy (Korea)
  • Fnatic (ANZ/Australia)
  • Wildcard Gaming (ANZ/Australia)

Acara APAC Finals itu sendiri saat ini masih belum memiliki informasi yang detail. Ubisoft bersama ESL selaku organizer masih terus menjalankan Playday di wilayah-wilayah lainnya. Akan tetapi yang sudah kita ketahui adalah bahwa APAC Finals akan digelar secara live (LAN) pada tanggal 19 – 20 Oktober 2019 di kota Sydney, Australia.

Pro League Season 10 - APAC Finals Teams
8 tim yang maju ke APAC Finals | Sumber: Rainbow Six Esports

Berbicara dengan Bobby Rachmadi Putra dari komunitas Rainbow Six: Siege Indonesia Community (R6 IDN), tampaknya APAC Finals akan menjadi kompetisi yang cukup seru karena munculnya beberapa nama baru di sana. Meskipun ada juga wilayah yang perwakilannya itu-itu saja, seperti Jepang yang kembali diwakili oleh Nora-Rengo dan CYCLOPS Athlete Gaming sama seperti APAC Finals di Pro League Season 9.

“Untuk Korea nih ada suasana baru dari tim yang baru aja naik, bernama Trippy. Ini debut pertama mereka yang berhasil ke APAC Finals LAN di Sydney,” ujar Bobby, “Dari region ANZ juga ada nama baru nih, biasanya kan Fnatic dan Athletico tuh. Nah sekarang ada Wildcard_GG tim baru dari region ANZ.”

Sementara itu di wilayah Asia Tenggara hasilnya sama seperti wilayah Jepang, tidak ada kejutan berarti. Xavier Esports dan Aerowolf sudah langganan masuk ke APAC Finals. Namun masih perlu kita lihat nanti apakah mereka bisa mengalami peningkatan prestasi, ataukah akan kalah melawan tim-tim wilayah EU dan NA yang lebih senior.

Pilot Program Phase 2 - Cloud9
Dukung tim favorit Anda dengan membeli item bertema Pro League | Sumber: Ubisoft

Bila Anda ingin memberi dukungan secara langsung kepada tim-tim APAC ini, ada beberapa di antara mereka yang merupakan anggota Pilot Program Phase 2. Anda dapat membeli bundel Pro League yang baru saja dirilis, atau langsung membeli item bertema tim tertentu. Fnatic, Cloud9, dan Nora-Rengo adalah tim-tim APAC yang masuk dalam program revenue sharing tersebut. Jangan lupa juga untuk menonton pertandingan tim kesayangan Anda di Playday yang masih berjalan sesuai jadwal di situs resmi Ubisoft.

Sumber: Rainbow Six Esports, Nora-Rengo

Disclosure: Hybrid adalah media partner Rainbow Six: Siege Indonesia Community (R6 IDN).

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV