Dark
Light

Platform Loyalitas Ponta Hadir di Indonesia Tahun 2015

1 min read
December 1, 2014

Ilustrasi Layanan Loyalitas / Shutterstock

Perusahaan Loyalty Marketing yang berbasis di Jepang mengumumkan rencana peluncuran Ponta, platform layanan loyalitas dengan rewards point, di Indonesia di kuartal kedua tahun 2015. Loyalty Marketing adalah anak perusahaan Mitsubishi Corporation, sebuah perusahaan perdagangan besar Jepang yang juga merupakan perusahaan induk dari jaringan toko Lawson.

Seperti diungkapkan oleh The Bridge, Loyalty Marketing berencana untuk membangun perusahaan lokal dengan nama PT. Global Loyalty Indonesia. Nantinya skema Ponta diikuti oleh lebih dari 10.700 toko retail dari 10 brand yang ada di bawah 8 perusahaan, termasuk jaringan toko ritel Alfamart dan Alfamidi, toko kecantikan dan kesehatan Dan Dan, Restoran Solaria, dan Es Teler 77 .

Sejak diluncurkan tahun 2010, platform Ponta sudah memiliki lebih dari 66 juta konsumen di Jepang. Ponta memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hadiah dengan menghadirkan kartu Ponta di sebuah toko yang berpartisipasi dalam jaringan ritel, seperti minimarket, restoran, dan pompa bensin.

Di Indonesia sendiri layanan program loyalitas pelanggan sudah pernah dihadirkan melalui aplikasi Pouch. Namun dalam perjalanannya, aplikasi tersebut hanya dapat berjalalan selama satu tahun sebelum akhirnya ditelantarkan. Saat ini aplikasi ataupun layanan loyalitas memang tidak bisa hanya bergantung ke sistem stempel dan menggandeng beberapa merchant saja. Diperlukan pendekatan Customer relationship management (CRM) yang menyeluruh dan jika memungkinkan cross-collaboration untuk bisa menggunakan sistem poin atau stempel di berbagai tempat yang bekerja sama untuk layanan loyalitas ini.

Layanan loyalitas Indonesia yang masih bertahan adalah Stamp, yang bekerja sama dengan Quinos. Stamp sendiri sejauh ini sudah berhasil menggandeng 30 parter untuk layanannya. Tak cuma partner restoran, Stamps juga bekerja sama dengan sesama startup, seperti Klik-eat dan Gogonesia.

Sejumlah layanan loyalty program telah gagal bertahan di Indonesia. Kini Ponta bakal mencoba membawa peruntungannya untuk mengusung kesuksesan di segmen ini seperti di negara asalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

WhatsApp Untuk Android Kini Menjadi Jauh Lebih Aman Dengan Teknologi Enkripsi

Next Story

Antisipasi Keadaan Darurat Menggunakan Aplikasi DARURAT!

Latest from Blog

Don't Miss

Program loyalitas pengguna menjadi senjata untuk bersaing, mempertahankan, dan menambah pengguna

Mengenal Program Loyalitas di Indonesia

Program loyalitas pelanggan adalah sebuah strategi brand atau bisnis untuk

Layanan Loyalitas Pelanggan Ponta Klaim Miliki Tujuh Juta Anggota di Indonesia

Di penghujung tahun 2015 platform loyalitas dengan rewards point asal