Dark
Light

Platform Crowdfunding Sukses Danai 1 Juta Proyek dengan Total Dana $2,7 Miliar pada 2012

1 min read
April 9, 2013

Penggunaan berbagai platform crowdfunding sebagai sumber pendanaan nampaknya semakin menjadi alternatif yang menjanjikan bagi proyek dari berbagai bidang keahlian. Di Trenologi, kami sempat mengulas beberapa produk teknologi yang mengalami kisah sukses menggalang dana dengan model crowdfunding ini seperti Ouya dan Gamestick. Selain itu, kami juga sempat mengulas beberapa statistik mengenai kiprah salah satu platform crowdfunding terbesar, Kickstarter, selama tahun 2012 lalu.

Seperti dikutip dari situs Crowdsourcing.org, berdasarkan laporan terbaru dari lembaga analisis pasar crowdfunding Massolution, didapati bahwa selama tahun 2012 lalu sudah lebih dari 1 juta proyek yang berhasil mendapatkan pendanaan melalui berbagai platform crowdfunding yang ada. Secara total, seluruh penggalangan dana ini telah berhasil meraih pendanaan sebesar $2,7 miliar, tumbuh sebesar 81% dari total pendanaan crowdfunding di tahun 2011.

Jika didetilkan secara geografis, kesuksesan penggalangan dana melalui crowdfunding masih dominan terjadi di Amerika Utara dan Eropa. Selama 2012, masyarakat yang berdomisili di Amerika Utara menjadi penyumbang terbesar berbagai platform crowdfunding dengan total pendanaan sebesar $1,6 miliar. Eropa berada di posisi selanjutnya dengan total pendanaan sebesar $945 juta. Sementara sisa sekitar $200 miliar berasal dari belahan dunia yang lain.

Selain melaporkan mengenai kondisi platform crowdfunding, Massolution juga memberikan prediksinya mengenai perkembangan crowdfunding pada tahun 2013. Massolution memprediksikan pada tahun ini jumlah total pendanaan yang berhasil digalang melalui model crowdfunding akan meningkat menjadi $5,1 miliar.

Laporan lengkap mengenai crowdfunding dari Massolution bisa dibeli dengan harga $459. Jika Anda tertarik untuk membaca rangkumannya saja, Anda bisa melihat paparan Massolution pada presentasi berikut.

Massolution 2013CF Excerpt 0408

[gambar via]

Previous Story

Path for Windows Phone Said to be Exclusive to Lumia

Next Story

Pembaruan Google Drive Untuk iOS Tingkatkan Performa Dan Kenyamanan

Latest from Blog

Don't Miss

Startup securities crowdfunding (SCF) FundEx sediakan alternatif pendanaan untuk UKM, telah mengantongi izin usaha dari OJK per 6 September 2021

Startup SCF FundEx Resmi Beroperasi, Incar Bisnis Digital Peroleh Alternatif Pendanaan

FundEx meramaikan jajaran pemain securities crowdfunding (SCF) dalam menyediakan alternatif
Bantoo.id

Platform “Crowdgiving” Bantoo.id Jembatani Kegiatan Donasi secara Digital

Besarnya minat masyarakat umum untuk melakukan donasi secara online, menjadi