Dark
Light

Pinterest Jalin Kerjasama Dengan GettyImages Untuk Hadirkan Informasi Foto Yang Lebih Lengkap

1 min read
October 29, 2013

Jejaring sosial yang akrab dengan sebutan perintah “Pin It!”, Pinterest dikabarkan telah menggandeng kerjasama dengan agensi foto digital asal Seattle, Amerika Serikat, GettyImages. Kerjasama antar keduanya ini dilakukan sebagai upaya Pinterest dalam meningkatkan layanan serta menghadirkan informasi lengkap bagi seluruh pengguna dalam menelusuri images di dalam layanan Pinterest.

Seperti yang dijelaskan dalam laman blog resminya, saat ini pengguna Pinterest dapat mengetahui informasi yang berupa metadata pada setiap foto yang telah di-pin yang berasal dari foto-foto milik GettyImages. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, Metadata disini merupakan data-data yang berisi sejumlah informasi terkait image yang telah di-pin. Data-data tersebut antara lain berupa informasi deskripsi, info fotografer, dan juga tanggal pengambilan foto. Hal ini mungkin dimaksudkan oleh Pinterest untuk meminimalisir kemungkinan penyalahgunaan copyright dari setiap gambar atau foto yang ditampilkan dalam Pinterest.

Dari bentuk kerjasamanya tersebut, Pinterest mengatakan akan memberikan “imbalan” berupa biaya kepada pihak GettyImages dari sejumlah foto atau gambar yang telah disebarkan di Pinterest. Namun, baik Pinterest maupun GettyImages hingga tulisan ini diturunkan belum mengumumkan biaya yang telah disepakati oleh kedua pihak. Tentunya hal ini yang pasti akan menghadirkan sejumlah pemasukan yang cukup besar bagi GettyImages.

Michael Yamartino selaku Product Manager dari Pinterest dalam keterangan resminya tersebut mengungkapkan, semakin banyak informasi yang diperoleh maka semakin banyak kegunaan yang akan diperoleh bagi pengguna Pinterest. “Itu mengapa kami memutuskan untuk bekerjasama dengan partner (GettyImages) untuk dapat menyajikan lebih banyak data yang berguna di Pinterest,” ungkapnya.

GettyImages sendiri dikenal sebagai salah satu agensi foto digital terbesar yang berisi koleksi foto yang berasal dari banyak kontributor. Hingga saat ini, GettyImages sendiri dilaporkan memiliki koleksi still image yang mencapai sebanyak 80 juta gambar dan ditambah dengan 50.000 jam film footage.

Dengan koleksi yang cukup masif dan akan bertambah terus, tentu keputusan Pinterest untuk menjalin kerjasama dengan GettyImages merupakan suatu langkah yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pengguna Pinterest yang terakhir dilaporkan pada Juli lalu sebanyak 70 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, langkah Pinterest ini bisa dibilang merupakan salah satu wujud pengembangan dari Pinterest yang belum lama ini memperoleh funding (pendanaan) yang nilainya ditaksir mencapai sekitar USD 3,8 milyar. Tentu dari nilai yang besar tersebut, sebagian dananya bisa jadi dapat digunakan untuk realisasinya menghadirkan fee yang akan diberikan oleh GettyImages.

Dari sisi pengguna, kehadiran informasi metadata yang dihadirkan oleh Pinterest bersama dengan GettyImages ini mungkin saja akan memudahkan pengguna yang ingin mencari foto atau gambar yang similar dengan yang dilihat. Tidak seperti sebelumnya yang mungkin agak menyulitkan pengguna dalam mencari foto dan gambar yang serupa.

Previous Story

Strategy Analytics: Pasar Smartphone Tembus Angka 250 Juta Unit

Next Story

Battlefield 4 Dirilis Hari Ini

Latest from Blog

Don't Miss

Alasan Meta Rilis Threads, Pesaing Twitter

Elon Musk resmi membeli Twitter seharga US$44 miliar pada Oktober
Threads himpun 30 juta pengguna kurang dari sehari

Threads Berhasil Himpun Lebih dari 30 Juta Pengguna Kurang dari Sehari

Twitter merupakan sebuah media sosial yang tergolong masih ramai digunakan.