Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

PES Hadir Untuk Konsol Next-Gen Dengan Unreal Engine 5

17 July 2020Akbar Priono

Lewat video teaser, Konami menampilkan teaser Pro-Evolution Soccer untuk konsol next gen yang menggunakan Unreal Engine 5.

Beberapa hari lalu, Konami mengumumkan seri PES terbaru untuk konsol generasi terbaru, seraya merayakan ulang tahun Pro-Evolution Soccer (PES) ke-25. Lewat sebuah video pengumuman, Konami memberi teaser seri PES terbaru yang menggunakan Unreal Engine 5, dengan menunjukkan stadion Barcelona dan Lionel Messi. Dalam video tidak disebut, seri PES mana yang akan menggunakan Engine tersebut.

Lebih lanjut, Konami lalu menjelaskan seputar rencana perilisan ini dalam sebuah blog post. Dalam post tersebut, mereka mengatakan bahwa nantinya PES akan memiliki grafis yang lebih detil dengan menggunakan Engine baru ini. “Anda bisa mengharapkan player model dan animasi yang lebih realistik, peningkatan dari segi physics, tampilan visual yang photorealistic, dan lain sebagainya.” tulis Konami dalam blog.

Selain itu, pengembang yang berbasis di kota Tokyo, Jepang ini juga menjelaskan soal rencana pengembangan PES selama beberapa tahun ke depan. Perubahan yang cukup terasa adalah perubahan dalam penyajian PES 2021. Mereka mengatakan, skala pengembangan PES untuk konsol next-gen yang cukup besar, memaksa mereka untuk “memangkas” skala pengembangan untuk area lain.

“Sebagai hasilnya, kami memutuskan untuk meluncurkan PES tahun ini dalam bentuk ‘Season Update’.” Lanjut Konami. Mengutip dari IGN, walau hanya sebagai “Season Update”, namun PES 2021 akan tetap hadir dalam bentuk standalone. Masih dari IGN, Konami mengatakan bahwa eFootball PES 2021 Season Update secara umum sama persis dengan PES 2020, namun dengan update terhadap player data dan roster, serta penambahan konten Euro 2020.

Sumber: Konami
Sumber: Konami

eFootball PES 2021 Season Update dikabarkan hadir 15 September 2020 mendatang dengan harga yang lebih murah, yaitu 24,99 Poundsterling (sekitar 464 ribu Rupiah). Sementara itu terkait Unreal Engine 5, Konami menjelaskan bahwa mereka menargetkan sudah bisa melakukan pengujian terhadap PES untuk konsol next-gen pada pertengahan 2021, dan akan dirilis di tahun yang sama. Melihat tanggalnya, maka kemungkinan besar Unreal Engine 5 akan hadir untuk seri PES 2022.

Sebelumnya PES menggunakan FOX Engine yang dibuat dan dikembangkan oleh Konami sendiri. Seri PES pertama yang menggunakan FOX Engine adalah PES 2014 yang rilis pada tahun 2013. Sejak saat itu, seri PES selanjutnya terus menggunakan FOX Engine sampai tahun 2019 lalu untuk eFootball Pro Evolution Soccer 2020. Selain seri PES, seri Metal Gear Solid juga menjadi game lain yang menggunakan FOX Engine.

Dengan PES berubah haluan menggunakan Unreal Engine, apakah ini artinya 2020 akan menjadi akhir dari pengembangan FOX Engine yang dibesut Konami?

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV