30 May 2016

by Glenn Kaonang

Permudah Proses Sharing, Twitch Perkenalkan Fitur Clips

Pengguna bisa merekam klip berdurasi 30 detik dari sebuah livestream untuk dibagikan via media sosial

Mengajak teman untuk ikut menikmati sesi gaming seru di Twitch memang sudah bisa dilakukan dengan mudah. Akan tetapi terkadang kita baru kepikiran mengajak setelah menyaksikan suatu momen yang tak terlupakan. Sayangnya, begitu kita membagikan link ke teman kita, momen tersebut sudah terlewat dan siaran pun terus berlanjut.

Beruntung Twitch sekarang punya solusi bernama Clips. Fitur ini pada dasarnya memungkinkan para penonton untuk mengabadikan momen fenomenal yang baru saja terjadi dalam sebuah livestream, lalu membagikannya ke teman-temannya via media sosial supaya mereka juga bisa ikut menikmati keseruannya.

Jadi ketika Anda baru saja menyaksikan sang aksi lucu dari seorang broadcaster, Anda bisa langsung menekan tombol Clip dan Twitch pun akan merekam 25 detik sebelum Anda menekan tombol dan 5 detik sesudahnya. Hasilnya adalah klip video berdurasi 30 detik yang muncul dalam tab baru.

Tampilan tab baru yang muncul sesaat setelah Anda menekan tombol Clip / Twitch

Dari tab baru tersebut Anda bisa menyalin link-nya, atau membagikannya langsung ke media sosial. Twitch akan mencantumkan ID pengguna sebagai bentuk kredit bagi sang pembuat klip. Setelah tab Anda tutup, klip tersebut akan hilang dan Anda beserta teman-teman Anda hanya bisa mengaksesnya lewat link yang tadi dibagikan.

Untuk sekarang fitur Clips ini baru tersedia pada sejumlah channel dan pengguna terpilih. Namun Twitch berjanji untuk membuka aksesnya ke semua pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber: Twitch Blog.