20 February 2023

by Dimas Galih W.

Permudah Distribusi, Tecno Kerjasama dengan Erajaya dan Luncurkan Spark Go

Tecno memperlebar jalur distribusinya bekerjasama dengan grup Erajaya. Selain itu sebuah perangkat baru diperkenalkan pada acara tersebut

Sebuah merek baru tentu saja memiliki sebuah tantangan dalam jalur distribusinya. Hal tersebut tentu saja berlaku bagi Tecno yang baru 2 tahun saja bermain di Indonesia. Oleh karena itu, Tecno mengundang para jurnalis untuk mengumumkan kerjasama terbarunya dengan grup Erajaya. Acara tersebut diadakan pada hotel Ashley Wahid Hasyim pada tanggal 20 Februari 2023.

Kerjasama yang dilakukan kali ini adalah dengan salah satu anak perusahaan Erajaya yaitu PT. TAM (Teletama Artha Mandiri). Sebelumnya pada bulan Desember 2022 yang lalu, Tecno sudah terlebih dahulu bekerjasama dengan Erafone untuk toko offline dan Eraspace untuk toko online. Hal ini dilakukan agar penjual Tecno bisa mencakup seluruh Indonesia.

Di saat yang sama, Tecno juga memperkenalkan smartphone terbaru mereka. Perangkat tersebut memiliki nama Tecno Spark Go 2023. Dilihat dari namanya, perangkat ini memang ditujukan untuk mereka yang masuk dalam kelas entry level. Secara khusus mereka menyasar pada konsumen yang butuh saluran komunikasi dan sosial media.

Tecno Spark Go 2023 menggunakan SoC Mediatek Helio A22, dengan 4 inti prosesor Cortex A53 berkecepatan 2 GHz. GPU-nya menggunakan IMG PowerVR GE yang memang sudah mumpuni untuk kegiatan sosial media. RAM yang digunakan memiliki kapasitas 4 GB dan ditambah dengan memory fusion sebesar 3 GB. Penyimpanan internalnya memiliki kapasitas 64 GB dengan teknologi eMMC 5.1.

Perangkat ini menggunakan layar 6,56 inci dengan resolusi HD+. Baterai yang ditanamkan memiliki kapasitas 5000 mAh. Tecno juga memberikan port USB-C untuk mengisi daya dengan charger 10 watt. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 12 dengan antarmuka HiOS 12.

Tecno Spark Go 2023 memiliki 2 warna yaitu Uyuni Blue dan Endless Black. Perangkat ini recananya bakal dijual pada tanggal 22 Februari 2023. Harga dari perangkat ini adalah Rp 1.299.000.

Tecno Phantom X2 Pro Diperlihatkan

Tecno juga memperkenalkan perangkat terbaru mereka yang sudah diluncurkan secara global. Perangkat tersebut adalah Tecno Phantom X2 Pro. Sayangnya, Tecno belum memberikan informasi apakah mereka bakal membawa perangkat tersebut ke Indonesia. Namun, Tecno memberikan isyarat bahwa mereka akan meluncurkan sesuatu pada Q3 2023.

Phantom X2 Pro ternyata menggunakan SoC Mediatek Dimensity 9000. Tentu saja hal ini membuat smartphone flagship tersebut bisa menyamai para pesaingnya di Indonesia. Perangkat ini juga memiliki lensa kamera yang bisa maju dan mundur pada saat ada pada mode zoom 2,5x.

Oleh karena antusias para pengunjung, membuat saya belum bisa mengeksplor lebih dalam. Namun yang pasti, saya langsung melakukan tes Antutu 9 pada perangkat ini. Pihak Tecno pun mengatakan bahwa kinerja masih bisa akan berubah seiring dengan meningkatnya firmware. Berikut adalah hasilnya.