Dark
Light

Perlombaan.com, Tempat Bagi Para Pemburu Hadiah

2 mins read
February 4, 2011

Ada beberapa hal yang cukup populer yang berkaitan dengan konsumen dan dunia konsumsi di pengguna internet lokal, pertama adalah diskon dan yang kedua adalah kuis/lomba yang memberikan hadiah tertentu.

Untuk hal yang pertama, telah banyak layanan yang memberikan fasilitas untuk konsumen yang menyukai diskon, mulai dari layanan daily deals, pusat informasi diskon sampai dengan yang menyediakan secara langsung informasi diskon on the go di ponsel.

Nah, untuk yang berhubungan dengan lomba ada Perlombaan.com. Di situs ini Anda bisa mendapatkan informasi seputar kuis, lomba dan berbagai hal lain yang semuanya berhubungan dengan hadiah. Ada 6 kategori yang terdapat di situs ini, antara lain Kontes, Kompetisi, Kuis, Undian, Komunitas dan Sosial Media.

Masing-masing kategori mengelompokkan lomba berdasarkan dari aktivitas yang ada di lomba-lomba tersebut, misalnya untuk kategori Komunitas maka lomba yang ada di dalamnya akan berhubungan dengan komunitas, mengajak teman, atau membutuhkan audience yang lebih besar sebagai persyaratan memenangkan hadiah. Contoh lain, untuk kategori Sosial Media, maka untuk mendapatkan hadiah, Anda diharuskan menjalankan lomba yang berhubungan dengan media sosial serta menampilkan info seputar media sosial.

Pembagian kategori memang menyenangkan setidaknya untuk membuat pengguna bisa memilih jenis lomba apa yang ingin mereka ikuti, tetapi sayangnya beberapa lomba mengkombinasikan dari berbagai kategori yang ada, misalnya di ketegori Kontes, penyelenggara konten juga menggunakan elemen media sosial seperti shout di Twitter atau Facebook, jadi pembagian kategori jadinya tidak terlalu kentara, namun untuk beberapa jenis lomba, pembagian ketegori ini cukup memberi pembeda, misalnya Kuis Kompetisi dan Undian.

Perlombaan.com memang menjadi semacam pusat informasi tentang berbagai lomba dalam tanda kutip, yaitu lomba bukan berupa olah raga tetapi berupa kuis, kontes dan semacamnya yang diselenggarakan oleh pemilik merek, perusahaan atau event tertentu dan menawarkan hadiah bagi mereka yang mengikutinya, jadi selain mencantumkan berbagai informasi tentang lomba, Perlombaan.com juga mencantumkan tautan sumber lomba, namun sepertinya mereka juga memiliki kerja sama khusus, misalnya halaman perlombaan.com/nissan yang tautannya juga muncul pada bagian atas setiap halaman Perlombaan.com.

Memang tidak semua lomba yang ada di Perlombaan.com semuanya menyenangkan, dalam arti beberapa lomba yang saya lihat masih seputar memberi hadiah pada konsumen yang bisa meng-invite 100 orang ke lewat Facebook atau metode lomba lain yang rentan modus spam.

Tentunya itu kembali tergantung dari pemilik merek yang mengadakan lomba, bagaimana mereka membuat lomba yang menarik dan tidak mengganggu konsumen lain. Tetapi tentunya tidak semua, beberapa lomba yang masuk kategori lain, seperti Konten dan Kompetisi biasanya menggunakan cara yang lebih ‘halus’ dan membutuhkan usaha yang cukup kreatif.

Sayangnya tidak ada keterangan detail tentang bagaimana cara dari Perlombaan.com mengumpulkan berbagai jenis lomba dari Indonesia ini, apakah mereka memiliki tim khusus untuk mendata berbagai lomba, atau ada kerja sama khusus antara Perlombaan.com dengan pemilik merek, apakah ada sistem fee tertentu atau menggunakan sistem lain, ditambah lagi, saya tidak melihat ada logo Perlombaan.com di situs mereka. 🙂

Untuk tampilan situs memang cukup biasa saja, namun yang terpikirkan oleh saya adalah pangsa pasar yang bisa disasar oleh Perlombaan.com. Orang Indonesia cukup gemar dengan yang namanya barang gratisan atau hadiah, dan beberapa orang juga menjadi pemburu hadiah secara serius, dan pangsa pasar ini yang bisa mereka sasar, menjadi satu tempat untuk segala informasi yang berkaitan dengan lomba, kuis, hadiah, kontes dan lainnya, dikombinasikan dengan kerja sama promosi, baik iklan atau metode lain, model bisnis yang cukup cerah.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Automattic Sediakan Premium Themes Untuk Pengguna WordPress.com

Next Story

Hotpot Semakin Hot, Akankah Menjadi Ancaman Terberat Rekomendasi Lokasi Lokal?

Latest from Blog

Don't Miss

Playground Web3 platform

Playground Hadirkan Platform untuk Menemukan Proyek dan Game Web3 Terpercaya

Meski kerap menjadi topik pembicaraan dalam setahun terakhir, tren Web3
Indonesia-Miliki-12-Gelar-Unicorn-di-Tahun-2021-Anggota-Baru-Muncul-di-Penghujung-Tahun

Indonesia Miliki 12 Gelar Startup Unicorn di Tahun 2021, Anggota Baru Muncul di Penghujung Tahun

Penghujung tahun 2021 memberikan kejutan kepada para pelaku dan startup