8 February 2013

by Iqbal Farabi

Perkembangan Terakhir Mengenai Wikipad

Masih ingat dengan ulasan kami tentang 3 perangkat game yang patut ditunggu rilisnya tahun ini? Beberapa waktu lalu, salah satu perangkat yang ada di daftar tersebut, Ouya, akhirnya sudah mengumumkan pembukaan pemesanan untuk konsumen. Satu perangkat lainnya nampaknya pada tahun ini akhirnya akan turut dirilis ke publik.

Wikipad, berdasarkan rumor dari Tom's Hardware, akan diluncurkan pada musim semi 2013 (sekitar bulan Maret hingga Juni jika mengacu pada musim semi di daerah Amerika Utara). Sebelumnya Wikipad sendiri sempat dikabarkan akan dirilis pada akhir bulan Oktober tahun lalu. Hanya saja, sebelum tanggal rilisnya, Wikipad mengumumkan penundaan rilis untuk melakukan "perubahan minor".

Baru-baru ini Wikipad menyatakan bahwa akhirnya perangkatnya akan dirilis dengan perubahan berupa layar yang berukuran 7 inchi. Perubahan yang sebenarnya cukup signifikan mengingat versi awal Wikipad rencananya akan dirilis dengan layar berukuran 10 inchi. Presiden direktur Wikipad, Fraser Townley, mengatakan, "kami dapati bahwa ukuran 7 inchi yang lebih kecil justru yang sepertinya cocok. Layar yang lebih kecil memungkinkan harga yang lebih rendah meskipun dengan spesifikasi yang sama".

Memang, selain dari ukuran layar, spesifikasi lain dari Wikipad tidak berubah. Spesifikasi teknis Wikipad bisa dikatakan cukup tinggi yakni prosesor berinti empat dengan kecepatan 1.4 GHz, memori RAM sebesar 1 GB, dan kapasitas penyimpanan berukuran paling kecil 16 GB. Wikipad akan dilengkapi dengan sistem operasi Android versi 4.1 atau Jelly Bean.

Perubahan ukuran ini, seperti yang dikatakan oleh Townley, tentunya bertujuan untuk memberikan harga yang lebih bersaing bagi Wikipad. Berapa harga Wikipad saat dirilis nantinya? Belum ada keterangan resmi berapa perubahan harga Wikipad yang sebelumnya dibanderol dengan harga 499 dolar ini. Hanya saja, pihak Tom's Hardware mengklaim bahwa mereka memiliki informasi mengenai harga terbaru Wikipad yakni sebesar 249 dolar. Akankah musim semi ini Wikipad akhirnya jadi dirilis?

 

Sumber: Tom's Hardware