11 September 2015

by Bambang Winarso

Periscope Kini Mendukung Mode Landscape

Aplikasi livestreaming, Periscope sedang jadi buah bibir di mana-mana. Sejak kedatangannya ke Android beberapa bulan yang lalu, Periscope yang dipunyai oleh Twitter sukses mengesankan penggunanya di seluruh dunia.

Bukan karena membawa nama besar Twitter, tapi lebih karena fungsinya yang unik dan mimimnya persaingan di kategori yang ia garap. Praktis hanya Meerkat lah yang terus membuntuti Periscope di belakang.

Meskipun jadi trending, Periscope tampaknya tak ingin terlalu lama terlena oleh popularitas. Nyatanya sang pengembang terus bekerja dan menghasilkan sejumlah fitur baru. Di antaranya yang paling dinanti adalah mode tampilan landscape sebagai opsi kedua dari mode portrait yang sudah lebih dulu ada.

Periscope sebelumnya hanya mendukung video dalam mode portrait, bukan jelek, tapi mode ini dirasa kurang sip karena tidak menangkap objek dan menyiarkannnya dalam jendela yang lebih lebar. Alhasil banyak momen yang terlewatkan.

Sekarang, pengguna punya dua pilihan untuk menyiarkan momen, menggunakan mode portrait dan landscape. Manfaat yang sama juga diperoleh penonton, mereka dapat tetap memegang ponsel di mode portrait atau mengikuti orientasi yang digunakan oleh penyiar.

Selain mode baru, Periscope juga menghadirkan tiga fitur lainnya. Antara lain:

Share Context, pengguna tak perlu lagi bingung mengapa ada video Periscope di feed-nya. Karena kini sistem akan menambahkan indikator yang menampilkan informasi siapa yang membagikan siaran.

Info Menarik:Apa Itu Periscope, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Accessibility, berikutnya Periscope juga memperoleh pembaruan berupa dukungan terhadap fitur aksesibilitas iOS. Memungkinkan pengguna disabilitas untuk memperoleh pengalaman yang sama baiknya dengan pengguna normal. Persicope sendiri berjanji akan terus mematangkan kemampuan fitur ini.

Mutual Follow, Periscope menawarkan dua cara menyiarkan video, ke publik dan private. Pilihan terakhir ditujukan ke pengguna tertentu yang jadi follower mereka. Nah, untuk mempermudah pemilihan follower, Periscope kini akan menampilkan dahulu daftar pengguna mutual, yang artinya dia mengikuti Anda dan Anda mengikutinya.

Fitur terakhir ini baru dihadirkan ke Android, namun seperti biasa iOS pun akan mendapat jatah pada waktunya nanti.

Sementara update lainnya yang dijabarkan di atas sudah bisa digunakan oleh kedua platform, Android dan iOS.

Sumber berita Medium.