Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Overkill? iPhone 13 Pro Tunjukkan Peningkatan Performa GPU yang Drastis!

21 September 2021Yubian Asfar

Performa iPhone 12 Pro sebelumnya bahkan masih sangat dominan untuk kebutuhan gaming.

Memang perilisan lini iPhone 13 yang dibuat oleh Apple menyita perhatian banyak orang. Namun bagi seorang gamers, tentu performa gaming menjadi fokus apalagi kehadiran chipset A15 Bionic yang memperkuat lini iPhone 13.

Ada fakta yang mengejutkan setelah data proses benchmark dari iPhone 13 Pro diumumkan. Ada peningkatan performa GPU sebesar +55% dibanding sang pendahulunya di iPhone 12 Pro.

Memang setiap tahunnya Apple selalu menghadirkan peningkatan spesifikasi untuk seri iPhone. Versi iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max sendiri diperkuat dengan GPU 5-core. Hasil laporan dari Geekbench menorehkan rekor benchmark sebesar 14.216 poin untuk iPhone 13 Pro.

skor-iphone-13-pro-di-geekbench
Sumber: Geekbench

Skor benchmark tersebut jauh meninggalkan iPhone 12 Pro dengan torehan 9.123 poin. Fakta yang mengejutkan adalah nilai benchmark iPhone 12 Pro sendiri masih tergolong sangat besar untuk ukuran smartphone non-gaming.

Meski demikian, hasil benchmark ini tidak berlaku untuk seri iPhone 13 dan 13 Mini mengingat seri GPU yang masih menggunakan konfigurasi 4-core.

iPhone-13-Pro-features
Sumber: Apple

Rasanya aman untuk mengatakan bahwa GPU terbaik di pasaran smartphone saat ini jatuh kepada iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max. Apalagi, kini Apple menghadirkan teknologi display 120Hz dan peningkatan daya baterai.

Performa Lini iPhone 13 Untuk Gaming

Sumber: Apple

Bila menyinggung kegiatan bermain game di smartphone, tentu ada beberapa judul yang bisa dibilang standar minimum uji kelayakan.

Genshin Impact, game besutan miHoYo satu ini memang bisa dimainkan di beberapa platform baik PC, PlayStation, dan tentunya smartphone. Bagaimana performa iPhone 13 Pro dengan game tersebut?

Performanya sendiri belum bisa dibuktikan secara langsung mengingat produknya yang baru akan didistribusikan ke beberapa negara. Namun berkaca pada performa iPhone 12 Pro Max, Genshin Impact dapat dijalankan dengan setelan tertinggi dengan 60 FPS.

Peningkatan performa GPU sebesar +55% dari iPhone 13 Pro tentu dengan mudah dapat menjalankan game berat seperti Genshin Impact. Begitu juga dengan judul game lain yaitu Wild Rift dan PUBG Mobile yang bisa dimainkan lewat setelan tertinggi dengan 60 FPS.

Hal yang akan sangat menjual pada versi iPhone 13 Pro adalah teknologi layar 120Hz terbarunya. Untuk PUBG Mobile nantinya bisa diatur hingga 90 FPS dan Wild Rift hingga 120 FPS.

Pengalaman bermain game di iPhone 13 Pro juga akan ditunjang layar Super Retina XDR OLED 6,1 inci beresolusi 1170 x 2532, teknologi suara Dolby Vision, dan kekuatan baterai 11,97Wh.

Harga iPhone 13 Pro sendiri dibanderol mulai dari US$999 atau Rp14,2 juta. Sementara harga iPhone 13 Pro Max dibanderol mulai dari US$1,099 atau Rp15,7 juta. Bila sampai di Indonesia, tentu harganya akan naik dengan beberapa ketentuan dan kebijakan yang diterapkan.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV