Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Prosesor Laptop Intel Generasi ke-11 Janjikan Peningkatan Performa Gaming yang Dramatis

3 September 2020Glenn Kaonang

Melampaui performa milik chip Radeon pada Ryzen 7 4800U maupun dedicated GPU seperti Nvidia MX350

Bagi Anda yang punya rencana untuk membeli laptop baru dalam waktu dekat, akan lebih bijak seandainya Anda bisa sedikit bersabar. Intel baru saja merilis prosesor laptop generasi ke-11, generasi terbaru yang selama ini dikenal dengan nama Tiger Lake, dan yang menjanjikan peningkatan performa yang cukup dramatis jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Kalau menurut Intel sendiri, peningkatan performanya bisa mencapai 2,7x lipat jika dipakai untuk mengedit foto, atau sampai 2x lipat untuk mengedit video. Untuk tugas-tugas produktivitas secara umum, Intel percaya konsumen bakal melihat peningkatan kinerja hingga sebesar 20%.

Beragam teknologi baru, mulai dari dukungan Thunderbolt 4, PCIe Gen 4, sampai modem Wi-Fi 6 yang terintegrasi merupakan fitur standar yang diusung Tiger Lake. Namun yang jauh lebih menarik sebenarnya adalah eksistensi chip grafis baru bernama Intel Xe pada prosesor generasi ke-11 ini, terutama untuk urusan gaming.

Intel Tiger Lake with Intel Xe gaming performance

Kalau dibandingkan dengan GPU Intel Iris Plus yang terdapat pada prosesor generasi ke-10, Intel Xe dan Tiger Lake rupanya menang banyak. Di beberapa judul game seperti PUBG, Battlefield V, atau Gears Tactics, fps yang dihasilkan bisa 1,5x – 2x lebih banyak. Di Gears Tactics misalnya, yang tadinya cuma berjalan di bawah 30 fps, sekarang bisa nyaris menyentuh 60 fps pada laptop yang ditenagai Intel Xe.

Intel bahkan tidak segan membandingkan performanya dengan chip Radeon yang terpasang pada prosesor AMD Ryzen 7 4800U (model teratas dari keluarga Ryzen Mobile 4000 U Series), atau dengan dedicated GPU seperti Nvidia MX350 yang ditandemkan dengan prosesor Intel generasi ke-10. Pada game seperti Grid (2019) misalnya, di saat chip grafis milik Ryzen 7 4800U dan Nvidia MX350 hanya bisa menghasilkan 30-an fps, Intel Xe memimpin di hampir 60 fps.

Intel Tiger Lake with Intel Xe gaming performance

Singkat cerita, Intel percaya diri laptoplaptop yang mengusung prosesor Tiger Lake dan chip grafis Intel Xe mampu menjalankan sejumlah game AAA di resolusi 1080p dengan cukup lancar. Mungkin tidak 60 fps, melainkan 30-an fps untuk judul-judul gres seperti Borderlands 3 atau Doom Eternal, namun tetap saja mengesankan untuk ukuran chip grafis terintegrasi. Pada judul yang lebih uzur seperti GTA V, Intel Xe malah bisa mencatatkan lebih dari 60 fps.

Kalau game AAA saja sanggup, apalagi game yang populer di ekosistem esports macam Dota 2 atau CS:GO. Contoh lain adalah Valorant, di mana Intel Xe bisa menghasilkan lebih dari 144 fps. Memakai laptop kerja untuk bermain ranked match sesekali, well kenapa tidak? Risiko ditanggung sendiri tentu saja.

Satu catatan penting yang harus diingat adalah, Intel Xe cuma tersedia pada model Core i5 dan Core i7 saja. Model Core i3 di sisi lain masih mengandalkan Intel UHD Graphics. Semua pencapaian di atas juga tentu saja diwujudkan dengan model teratas Core i7-1185G7. Jadi ke depannya sebelum membeli laptop baru yang ditenagai prosesor Tiger Lake, pastikan dulu varian yang dipakai bukan Core i3 kalau memang ingin menggunakannya untuk bermain game sesekali.

Sumber: Intel.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV