14 April 2022

by Lukman Azis

Perbandingan Fitur Unggulan OPPO A96 Dengan OPPO Reno5 F

OPPO A96 menang banyak di sektor performa, berkat chipset Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm

Pekan lalu OPPO Indonesia merilis smartphone seri A terbarunya, OPPO A96. Smartphone kelas menengah ini mengemas desain ikonik OPPO Glow yang enak dipandang, sekaligus nyaman digunakan karena bebas sidik jari, noda, dan tahan goresan.

Sebelumnya saya telah membahas lima peningkatan utama yang dibawah oleh OPPO A96 dibandingkan pendahulunya yakni OPPO A95. Kali ini, saya akan membandingkan model paling top dari lini smartphone OPPO seri A dengan OPPO Reno5 F yang saat dirilis tahun lalu sama-sama dijual dengan harga Rp4.299.000. Langsung saja, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Performa Lebih Ngebut

Dapur pacu OPPO Reno5 F menggunakan chipset MediaTek Helio P95, SoC ini dibuat dengan fabrikasi 12 nm. Sementara, OPPO A96 mengandalkan chipset 4G terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm. Artinya OPPO A96 dapat memberikan tenaga yang lebih kencang, namun tetap irit daya.

Ditambah kapasitas baterai OPPO A96 lebih besar, 5.000 mAh daripada 4.310 mAh milik Reno5 F. Hasilnya stamina OPPO A96 lebih kuat, untuk penggunaan sedang sangat mungkin bertahan seharian. Perangkat ini juga dilengkapi fitur penghemat daya bernama Super Power Saving Mode yang secara otomatis menyesuaikan frekuensi CPU dan pengaturan lampu latar pada aplikasi tertentu untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Kalau dipakai secara intensif untuk maraton serial original di Netflix dan bermain game berjam-jam, maka Anda perlu mengisi daya di tengah-tengah hari. Namun itu bukanlah masalah, sebab OPPO A96 telah bekali teknologi pengisian cepat 33W SUPERVOOC. Baterainya dapat terisi sebanyak 55% dari kondisi kosong hanya dalam waktu 30 menit.

Balik lagi ke performa, keduanya sama-sama membawa RAM 8 GB. Bedanya OPPO A96 sudah mendukung teknologi RAM Expansion, pengguna dapat memperluas RAM secara virtual hingga 5 GB sehingga totalnya menjadi 13 GB yang memastikan aktivitas multitasking berjalan lancar.

Untuk diketahui, RAM virtual hingga 5 GB diambil dari ruang penyimpanan internal. Pada OPPO A96, kapasitas penyimpanannya dua kali lipat daripada yang dimiliki Reno5 F (128 GB) yakni mencapai 256 GB yang bisa ditambah lagi dengan menyisipkan kartu microSD hingga kapasitas 1 TB.

Layar Dengan Refresh Rate Tinggi 90 Hz

Selain memiliki performa yang lebih ngebut, dari segi layar - OPPO A96 juga didukung refresh rate lebih tinggi yaitu 90 Hz yang bersifat adaptif untuk pengalaman penggunaan yang mulus dan gaming lebih optimal. Layarnya membentang 6,59 inci dengan resolusi FHD+ dan mendukung 95% NTSC Wide Color Gamut yang menghadirkan tampilan lebih nyata dan kaya warna.

Untuk melengkapi pengalaman multimedia, OPPO A96 dilengkapi dengan speaker ganda, yang menghasilkan keluaran suara stereo berkualitas tinggi dan didukung teknologi audio Dirac HD untuk detail jernih dan bass yang mendalam. Sebagai pembanding, Reno5 F memiliki layar AMOLED 6,4 inci FHD+ dengan refresh rate sebatas 60 Hz dan hanya dibekali satu speaker.

Kamera Utama 50 MP

Bicara mengenai kamera, pengguna OPPO A96 harus puas dengan dua kamera belakang tanpa dukungan lensa ultrawide. Namun kamera utamanya sudah 50 MP dengan aperture f/1.8, berpadu dengan kamera 2 MP sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang presisi.

Sementara, kamera depannya 16 MP yang dapat menghasilkan bidikan portrait yang menawan. Lengkap dengan fitur baru seperti AI Natural Retouching yang mencakup penghilangan noda sekaligus mempertahankan kulit wajah yang natural. Serta, fitur 360 derajat Fill Light yang membantu mencerahkan bidikan selfie di kondisi minim cahaya.

Di sektor kamera, Reno5 F boleh dibilang sedikit lebih unggul karena membawa empat unit kamera belakang. Kamera utamanya 48 MP, 8 MP ultrawide, 2 MP macro, dan 2 MP depth sensor, serta kamera depan 32 MP.

Penutup

Itulah perbandingan fitur unggulan antara OPPO A96 dan OPPO Reno5 F. Dari segi performa jelas bahwa OPPO A96 lebih cepat dengan chipset 6 nm yang efisien, mendukung RAM Expansion hingga 5 GB, dan kapasitas penyimpanan internal lebih lapang 256 GB. Fitur unggulan lain ialah layar dengan refresh rate 90 Hz dan kamera utama 50 MP.

Saat ini masih belum ketinggalan untuk pre-order OPPO A96 yang dibanderol dengan harga Rp4.299.000 di Indonesia. Periode pre-order-nya dari tanggal 7 hingga 15 April 2022 dengan bonus keuntungan senilai Rp1.359.000 baik secara online dan offline.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.