Dark
Light

Perangkat Baru dengan Firefox OS Resmi Diperkenalkan

by
2 mins read
February 24, 2014

Bersamaan dengan gelaran acara Mobile World Congress di Barcelona, Mozilla mengumumkan jajaran perangkat terbaru yang menggunakan Firefox OS.

Beberapa perangkat terbaru yang diperkenalkan berkerja sama dengan mitra mereka antara lain adalah ZTE Open C dan Open II serta Alcatel yang menghadirkan produk terbaru seperti ONETOUCH Fire C, Fire E, Fire S serta tablet Fire 7. Berbagai produk ini menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm. Selain itu berbagai perangkat terbaru ini juga mengalami peningkatan dari sisi performa.

Mozilla juga menyebutkan bahwa berbagai mitra selain Alcatel ONETOUCH dan ZTE juga akan menghadirkan perangkat Firefox OS, mereka adalah Huawei serta LG. Jadi tentunya kita akan melihat lebih banyak lagi produk komersil yang menggunakan Firefox OS.

 

Info menarik: Ponsel Ubuntu Siap Hadir Tahun 2014

 

Dalam pengumuman resminya, selain mengumumkan berbagai produk komersil baru, Mozilla juga menjelaskan tentang versi terbaru dari Firefox OS.

Dalam preview yang diperlihatkan ini Mozilla menjelaskan beberapa fitur yang akan hadir di versi terbaru dari Firefox OS.

Berikut beberapa diantaranya yang dikutip dari pengumuman resmi:

  • Deep customization options for operators and manufacturers, developers and users. This includes the ability to create custom ringtones and replaceable home screens, which were direct requests from Firefox OS users.
  • A new universal search that will revolutionize how users discover content on their phones. The feature is available on any screen – simply swipe down from the top to find new apps, content or navigate to anything on the phone or the Web.
  • New navigation features to make multitasking intuitive, fluid and smart, much like how users interact with the Web. Users can easily swipe from the left and right edges to seamlessly move between pages, content and apps in a fun way that saves time.
  • Easy and direct sharing of content (and even software updates) in a secure way with NFC support, without the need for data or Wifi.
  • LTE support to make the mobile experience even faster.
  • Firefox OS will introduce Firefox Accounts and services. Firefox Accounts is a safe and easy way for users to create an account that enables them to sign in and take Firefox everywhere. With Firefox Accounts, Mozilla can better integrate services including Firefox Marketplace, Firefox Sync, backup, storage, or even a service to help locate, message or wipe a phone if it were lost or stolen.

Perangkat berbasis Firefox OS adalah perangkat yang dibuat beradasarkan standar Open Web, berbagai fitur dikembangkan sebagai aplikasi HMTL 5. Toko aplikasi yang disediakan lewat Firefox Marketplace juga telah menghadirkan berbagai aplikasi populer seperti game Cut The Rope, Facebook, HERE, Line, Pinterest, Soundcloud, Twitter dan lain-lain.

Saat ini ada 15 pasar yang bisa menikmati perangkat berbasis Firefox OS. Mozilla bekerja sama dengan pabrikan dan operator di berbagai negara, termasuk juga untuk pasar Indonesia.

 

Info menarik: Anak 12 Tahun Ciptakan Printer Braille

 

Selain memungkinkan pengguna untuk mengelola ketertarikan mereka untuk diterapkan di perangkat Firefox OS, mitra industri dan para pengembang untuk mengkustomisasi perangkat sesuai kebutuhan. Termasuk menyediakan fitur untuk pasar lokal, yang hanya tersedia untuk pasar tertentu.

Berikut beberapa foto dari perangkat terbaru Firefox OS. Untuk yang ingin melihat handson dari ZTE Open C bisa melihat video di situs TheVerge.

Perangkat terbaru dengan Firefox OS ini akan dijual dalam waktu dekat dan merupakan perangkat untuk entry-level, jadi harga yang akan disematkan sepertinya tidak akan terlalu mahal. ZTE Open C akan menggunakan versi terbaru Firefox OS dan tersedia di Venezuela dan Uruguay pada kuarter 2 2014.

ZTE_OpenC_
ZTE Open C

Previous Story

Jam Tangan Pintar Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo Akhirnya Resmi Dirilis

Next Story

Bidik Pasar Smartphone $25, Mozilla Gandeng Telkomsel, Indosat, dan Polytron Kembangkan Firefox OS

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Berkat Mozilla Rally, Aktivitas Browsing Kita Bisa Memberi Kontribusi ke Studi Ilmiah

Sudah menjadi rahasia umum kalau kemudahan mengakses informasi di internet

Layanan Mozilla VPN Resmi Meluncur dengan Tarif Bulanan $5

Tuntutan untuk bekerja dari rumah selama pandemi memicu peningkatan penggunaan