Dark
Light

Peran Big Data Dalam Strategi Branding

1 min read
March 10, 2016

Big data menjadi elemen penting dalam teknologi dewasa ini. Perannya sebagai pengelola informasi membuatnya bisa menempatkan diri di berbagai sektor. Branding adalah salah satu hal yang cukup berubah dewasa ini. Secara sederhana big data mampu menyajikan data sebagai penilaian terhadap sebuah produk di pasaran. Ini tentu penting untuk bisa menunjukkan bagaimana pasar menggambarkan produk Anda.

Praktik penggunaan data untuk dijadikan rujukan penentuan branding memang sudah lama dilakukan. Hanya saja dengan menggunakan teknologi big data semua bisa lebih dioptimalkan. Tidak ada pengelolaan data yang lepas dari risiko. Big data meminimalisir hal itu. Kemungkinan kesalahan mengambil wawasan dari sebuah data bisa berimbas pada kesalahan pengambilan keputusan. Skenario terburuknya adalah branding yang rusak.

Produk tak dapat dipungkiri menjadi salah satu ujung tombak perusahaan. Sebuah perusahaan bisa dinilai dari keberhasilan produk mendapat tempat di masyarakat. Kehilangan branding di pasar bisa menggoyahkan kondisi perusahaan. Big data bisa mengurangi risiko ini dengan memprediksikan tren pasar lebih baik dibanding cara tradisional.

Prediksi tren pasar adalah salah satu yang bisa dilakukan big data dalam ranah branding. Perilaku pengguna dan minat pengguna bisa informasi berharga. Dengan dua informasi tersebut perusahaan bisa menentukan langkah ke depan atau inovasi selanjutnya dari produk mereka. Kegagalan mengetahui minat pasar bisa berakibat buruk. Produk bisa dinilai tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

brand-value

Kuncinya terletak pada memahami pasar lebih baik. Ini bisa membantu tim branding perusahaan untuk merancang taktik jangka pendek untuk tetap memuaskan pasar dan juga taktik jangka panjang untuk inovasi selanjutnya dari produk.

Contoh sederhana adalah teknologi mobile. Penetrasi smartphone yang semakin masif harusnya bisa diprediksikan jauh-jauh hari oleh para penyedia layanan. Sehingga mereka bisa menyiapkan aplikasi atau setidaknya tampilan yang lebih kompatibel dengan perangkat mobile. Prediksi dan inovasi.

Big data tidak hanya di ranah branding memberikan manfaat lebih untuk mengelola data dan mengenali pola. Dalam ranah branding pola yang dikenali adalah tren pasar. Bagi tim branding yang berhasil mengambil manfaat dari big data tentu bisa berpeluang untuk lebih kompetitif dengan brand lain yang ada di pasaran.


Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Previous Story

Versi Previewnya Melenggang, Ini Fitur-fitur Unggulan Android N

Next Story

5 Hal Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Menghadiri Event Startup

Latest from Blog

Don't Miss

Bonza Reportedly Receiving Additional Investment from Future Shape

DailySocial recently informed that one of the East Ventures portfolios,
Pendanaan Tambahan Bonza Big Data

Bonza Dikabarkan Terima Tambahan Investasi dari Future Shape

DailySocial memperoleh kabar, salah satu portofolio East Ventures, startup analisis