Esports Ecosystem

Lima Ratus Ribu Lebih Orang Indonesia Menonton PMWL 2020 East Season Zero Finals

11 Aug 2020 | Akbar Priono
Esports Charts melaporkan babak final PMWL 2020 East Season Zero mencetak rekor 1,1 juta penonton, dengan jumlah penonton Indonesia mencapai 500 ribu lebih.

PUBG Mobile World League (PMWL) 2020 Season Zero – East Region telah selesai digelar. Bigetron RA berhasil keluar menjadi juara setelah kemenangan yang gemilang di ronde akhir pertandingan dari babak League Finals. Selain kemenangan Bigetron RA, pertandingan PMWL 2020 Season Zero juga membawa pencapaian-pencapaian tertentu.

Salah satunya adalah pertandingan League Finals yang mencetak rekor jumlah penonton terbanyak terbaru. Mengutip dari Esports Charts, gelaran PMWL 2020 Season Zero – East Region ternyata mencetak rekor jumlah penonton, dengan 1,1 juta pasang mata menonton ronde ke-24 yang merupakan penentu Bigetron RA untuk menjadi juara Asia.

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

Sebelumnya, Esports Charts juga sempat merilis data penonton saat Opening Weekend dari PMWL 2020 Season Zero digelar. Ketika itu, Indonesia merupakan negara yang paling banyak mengkonsumsi tayangan Opening Weekend dari PMWL 2020 Season Zero East Region, dengan total Watch Hours mencapai 1,1 juta jam hanya dari penonton Indonesia saja.

Pada laga Final kemarin (9 Agustus 2020), Indonesia juga lagi-lagi menjadi penonton mayoritas. Menurut catatan dari Esports Charts, jumlah penonton Indonesia dalam gelaran final PMWL 2020 Season Zero East Region hampir mencapai setengah dari jumlah penonton terbanyak, yaitu sejumlah 513.055 orang.

Sumber: Esports Charts
Sumber: Esports Charts

Melihat beberapa catatan terakhir, Indonesia memang gemar mengkonsumsi konten esports PUBG Mobile. Menurut spekulasi Esports Charts, Bigetron RA jadi salah satu faktor atas fenomena ini. Ketika itu Esports Charts menjelaskan, bahwa total perolehan jumlah penonton dari bahasa lokal tertentu, berbanding lurus dengan prestasi yang didapatkan dari negara pengguna bahasa tersebut.

Dalam kasus Opening Weekends, Bigetron RA, dan OR Esports adalah pengisi peringkat atas, membuat tayangan bahasa Indonesia dan India jadi yang paling banyak dikonsumsi. Selain dari sisi esports, game PUBG Mobile sendiri sudah mengumpulkan 3 milliar dollar AS pendapatan, dari awal rilis hingga Juli 2020 kemarin.

Sumber: Bigetron Esports
Ibarat menonton Taufik Hidayat di kompetisi Badminton internasional, alasan penonton Indonesia sangat tertarik menonton PMWL 2020 East Region mungkin karena ingin melihat negaranya, yang diwakili oleh Bigetron RA, berprestasi di tingkat internasional | Sumber: Bigetron Esports

Menariknya, pendapatan yang didapatkan oleh game PUBG Mobile ternyata tidak sepenuhnya berbanding lurus dengan pencapaian yang dihasilkan oleh konten esports. Mengutip Sensor Tower, selain Tiongkok, AS dan Jepang jadi dua negara penyumbang pemasukan terbesar terhadap game tersebut. Walau demikian, ternyata jumlah penonton konten esports PMWL 2020 Season Zero – West region justru sangat timpang jika dibandingkan dengan East Region.

Namun, jumlah downloadgame PUBG Mobile sedikit bisa menjelaskan alasan populernya konten PMWL 2020 Season Zero – East Region. Dalam laporan tersebut ditulis bahwa India merupakan negara pengunduh game PUBG Mobile terbanyak dengan total 175 juta download. Menariknya, jumlah download PUBG Mobile di Indonesia malah tidak masuk peringkat 3 besar, walaupun negara kita adalah konsumen terbanyak dari konten esports PUBG Mobile.