Dark
Light

Penjualan Xbox 360 Mencapai 80 Juta Unit, GTA5 Memiliki Andil di Dalamnya?

1 min read
October 18, 2013

Di akhir hayat hidupnya – terlepas dari klaim Microsoft yang menyatakan bahwa mereka akan tetap mendukung Xbox 360 hingga tiga tahun lagi – produsen current-gen console ini melepas sebuah data tentang jumlah total unit Xbox 360. Dari saat ia diluncurkan pertama kali di tahun 2005 hingga bulan September 2013, Xbox 360 telah terjual lebih dari 80 juta.

Tidak berhenti di sini saja, bahkan di 2013 – yang menjadi tahun peluncuran Xbox One – Microsoft melaporkan bahwa di Amerika Serikat sendiri Xbox 360 telah terjual sebanyak 1,6 juta unit. Hal itu tentu belum termasuk unit tangan kedua. Total keuntungan yang Microsoft dapatkan dari penjualan Xbox 360 di Amerika Serikat mencapai US$ 401,2 juta.

Yang lucunya, jumlah penjualan yang ‘laris manis’ di akhir masa hidup Xbox 360 ini merupakan jasa dari sebuah game fenomenal yang dirilis tidak lama lalu: Grand Theft Auto V. Berdasarkan informasi seorang analis NPD Group Liam Callahan, seluruh keuntungan khalayak industri yang memiliki koneksi dengan game ini bertambah dengan rata-rata 27 persen dengan total US$ 1,08 miliar. Baik itu pemasok hardware, software hingga aksesori videogame jika dibandingkan dengan data September 2012.

Terlepas dari hal tersebut, dalam peringkat penjualan hardware Nintendo 3DS masih mendominasi dengan memimpin di depan Xbox 360, PlayStation 3 dan juga PlayStation Vita. Untuk jenis home console, NPD Group juga melaporkan bahwa PlayStation 3 kini menjadi yang terlaris tidak lain berkat bundel varian 500GB dengan sebuah kopi Grand Theft Auto V.

Sedikit tambahan informasi, Xbox 360 memiliki beberapa inkarnasi semenjak ia diluncurkan: Xbox 360 Core, Xbox 360 [Premium], Xbox 360 Elite dengan penerusnya yang lebih canggih Xbox 360 Super Elite serta Xbox 360 Arcade yang menggantikan Xbox 360 Core di lini entry-level. Harga console ini berkisar mulai dari US$ 199 hingga US$ 599 dan mungkin akan semakin turun saat Xbox One diluncurkan.

Satu hal yang membuat saya penasaran adalah apakah janji Microsoft yang menyatakan mereka akan tetap mendukung Xbox 360 hingga beberapa tahun lagi juga berarti mereka tetap memproduksi console ini di samping harus memasok Xbox One?

Versi pertama Xbox One sendiri akan dibanderol seharga US$ 499 saat diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat.

Via Gamespot. Sumber gambar header: egmnow.com.

Previous Story

The Last of Us Tidak Akan Hadir di PlayStation 4

Next Story

Cubit Membawa Promosi Sistem Stempel atau Sticker ke Ranah Digital

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

GoTo Group, salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia, telah