Penjualan Stardew Valley Tembus 20 Juta Kopi

... dan 13 juta kopinya berasal dari PC.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2016, popularitas Stardew Valley sepertinya sulit dibendung. Melalui situs resminya, Stardew Valley mengumumkan bahwa mereka berhasil menjual game ini sebanyak 20 juta kopi.

Concerned Ape, selaku Developer dari Stardew Valley, juga menyatakan bahwa 13 juta dari 20 juta kopi ini, berasal dari platform PC. Di tengah pesatnya pertumbuhan pasar mobile gaming, berita ini cukup menakjubkan.

sumber: Tweak Town

Dikutip dari Tweaktown, Stardew Valley saat ini memegang posisi pertama sebagai game indie dengan jumlah penjualan paling banyak di angka 20 juta kopi.

Game-game indie lain yang memegang peringkat di bawah Stardew Valley secara berurutan adalah Rust, Fall Guys, Valheim, Cuphead, Enter the Gungeon, Dead Cells, Hollow Knights, Shovel Knights, dan Untitled Goose Game.

Walaupun demikian, penjualan Stardew Valley memiliki angka hampir dua kali lipat dari game di peringkat kedua, Rust dengan 12,4 juta. Angka yang berhasil diraih Stardew Valley, sepertinya akan sulit disusul oleh game indie lain dalam waktu dekat.

Perjalanan Stardew Valley hingga ke titik ini dibangun dengan sangat baik. Di tahun 2018, game ini mampu terjual sebanyak 1 juta kali untuk Nintendo Switch. Pada tahun 2020, game simulasi ini menembus penjualan satu juta kopi untuk platform Android dan iOS.

Dan pencapaian terakhir mereka sebelum saat ini, terjadi pada bulan September lalu, yaitu dengan melewati angka 15 juta kopi. Dengan demikian, penambahan 5 juta kopi, didapatkan hanya dalam selang waktu beberapa bulan saja sejak September 2021.

sumber: Stardew Valley

Stardew Valley dibuat oleh seorang desainer game bernama Eric Barone. Ia mengembangkan game ini sendirian dan secara otodidak mempelajari berbagai disiplin ilmu yang diperlukan, seperti musik, seni, pemrograman, dan desain.

Sampai akhirnya, game yang bertema desa ini dirilis pada tanggal 26 Februari 2016. Perjuangan Barone ternyata berbuah manis. Stardew Valley mendapatkan satu juta kopi pertamanya hanya dalam waktu dua bulan saja sejak dirilis. Saat ini, Barone membentuk tim kecil untuk membantunya dalam memberikan update.

Stardew Valley tersedia pada Steam,GOG,HumbleBundle,Xbox One,Playstation 4, Nintendo Switch,iOS App Store, dan Android. dan dibanderol dengan harga USD15 atau sekitar Rp200 ribu-an.