Gaming News

Sony Umumkan Logo PS5 dan Laporan Penjualan PS4

08 Jan 2020 | Yudi Anggi
PlayStation 4 masih merajai pasar gaming di 2019.

Banyak yang menantikan momen pengumuman Sony di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2020. Pasalnya, masih sedikit informasi yang kita terima berkaitan dengan generasi baru dari console PlayStation 5. Perwakilan dari Sony yaitu Jim Ryan mengumumkan logo baru dari Sony PlayStation 5. Di luar dugaan, reaksi dari para penonton di CES 2020 seperti tidak ada yang terkejut dengan pengumuman tersebut. Memang tidak ada yang berubah drastis dari logo tersebut, hanya perubahan angka 4 menjadi 5 saja.

Jim Ryan juga menjabarkan mengenai beberapa fitur hardware yang dimiliki PlayStation 5. Yaitu mendukung 3D Audio Support, penggunaan SSD, Adaptive Triggers untuk controller yang baru, ray-tracing, dan Ultra HD blu-ray drive. Sony juga memastikan peluncuran PlayStation 5 pada musim liburan tahun 2020.

Sumber: Youtube CNET
Sumber: Youtube CNET

PS5 sudah dekat, PS4 masih merajai penjualan dan pengguna aktif konsol

Sony memang tidak memberikan banyak informasi mengenai PlayStation 5 di CES kali ini. Tetapi, Sony juga menjabarkan informasi mengenai statistik yang menunjukan seperti apa PlayStation 4 merajai pasar konsol. Sampai saat ini, ada sebanyak 106 juta PlayStation 4 yang sudah terjual. PlayStation sempat memberikan update mengenai penjualannya di bulan September 2019, saat itu PS4 memiliki penjualan sebanyak 102.8 juta unit. Yang berarti, selama musim liburan 2019 ini PS4 masih terjual sebanyak 3 juta unit. Angka ini terbilang fantastis mengingat sebentar lagi PS4 akan segera tergantikan.

Sumber: Youtube CNET
Sumber: Youtube CNET

Sony juga menyebutkan ada 1.15 miliar game yang terjual untuk PlayStation 4, ada 5 juta unit PlayStation VR, 103 juta pengguna aktif setiap bulan, dan sebanyak 38.8 juta orang berlangganan PlayStation Plus.

Presentasi kali ini nampaknya memang tidak terlalu menarik bagi para penggemar yang menunggu kabar PS5 karena hanya mengungkap logo baru dan spesifikasi yang sudah diketahui oleh khalayak luas sebelumnya. Namun demikian, buat para pengamat industri, angka-angka tadi sebenarnya cukup menarik karena bisa dibandingkan dengan platform gaming lainnya.

Misalnya, pada bulan April 2019 yang lalu, Variety menuliskan angka pengguna Steam (yang bisa mewakili platfom PC gaming). Kala itu, Steam sudah memiliki 1 miliar akun dengan 90 juta pengguna aktif bulanan (MAU). Sedangkan menurut laporan dari Windows Central, pada bulan Juli 2019, Xbox One memiliki 65 juta pengguna aktif bulanan.

Dari data tersebut saja, nampaknya pengguna aktif bulanan PS4 masih memimpin sementara. Sedangkan pengguna Xbox One berada di posisi juru kunci.