12 November 2021

by Galih

Penghasilan Nexon Turun Drastis Hingga 44 Persen

Platform PC kelihatannya masih menjadi platform andalan Nexon.

Industri game mobile disebut-sebut akan terus mendatangkan keuntungan selama beberapa tahun ke depan. Beberapa publisher dan developer game PC dan konsol bahkan memutuskan untuk memberikan perhatian khusus pada platform mobile karena keuntungan yang menjanjikan.

Namun ternyata tidak semua perusahaan game mobile memperoleh untung selama beberapa tahun ini. Dikabarkan oleh Gamesindustry.biz, raksasa game asal Korea Selatan, Nexon mengumumkan bahwa pendapatan game mobile mereka turun hingga 44% dibanding tahun lalu. Penurunan ini membuat pendapatan dari Nexon terjun dari ¥42,4 miliar (sekitar Rp5,3 triliun) menjadi ¥18.6 miliar (Rp2,3 triliun).

Anjloknya pendapatan ini disebut karena tahun lalu hampir semua game dan hiburan mendapat lonjakan pemasukan dari adanya pandemi. Sedangkan tahun ini kasus COVID sudah menurun di beberapa negara sehingga sudah berkurang juga jumlah orang-orang yang tak bisa keluar dari rumah.

Uniknya, pendapatan Nexon dari game-game mereka di platform PC malah meningkat sebanyak 24% dari tahun sebelumnya. Nexon mencatat pendapatan sebesar ¥57,2 miliar (Rp7,2 triliun) yang disebut menjadi 75% dari total pendapatan perusahaannya.

Image Credit: Nexon

Nexon menyebut bahwa pendapatan mereka mayoritas berasal dari Dungeon & Fighter, MapleStory, FIFA Online 4, dan The Kingdom of the Winds: Yeon. Di Indonesia sendiri, game terbaru milik Nexon, yaitu Blue Archive juga mulai diminati oleh gamer mobile di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Nexon memang terus berusaha untuk memecah bisnisnya agar tidak tergantung kepada platform PC saja. Bahkan di tahun 2020 lalu, Nexon berhasil meningkatkan pendapatan dari platform mobile-nya hingga 33%, dan menurunkan persentase pendapatan dari platform PC hingga kurang dari 67%.

Ke depannya, Nexon berharap untuk mendapat pendapatan antara ¥51.2 miliar (Rp 6,4 triliun) hingga ¥57 miliar (Rp7,1 triliun) pada kuartal keempat 2021 ini. Hal tersebut berarti Nexon menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 23% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Nexon juga dilaporkan tengah memiliki tiga buah game baru yang tengah dikembangkan yang memiliki kode nama "Codename: Pioneer" yang diprediksi akan menjadi sebuah game co-op F2P (free-to-play). Ada juga "Codename: Discovery", sebuah game yang berfokus pada permainan berbasis tim dengan dunia yang dinamis.

Sedangkan yang terakhir adalah proyek dengan nama "Creative Platform". Sayangnya Nexon tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai proyek ini namun diprediksi bahwa game ini akan memiliki kesamaan dengan game-game sandbox seperti Minecraft, Roblox, Fortnite creative mode, dan Rust.