Internet
for SEO
Internet

Pengguna Flickr Kini Bisa Mengunggah Foto-Fotonya dengan Lisensi Public Domain

1 April 2015Glenn Kaonang

Sejak tahun 2004, platform berbagi foto Flickr telah menggunakan bermacam lisensi yang dikeluarkan oleh organisasi Creative Commons. Hal ini ditujukan agar para pengguna Flickr secara default bisa mengantongi hak kepemilikan atas foto-foto yang mereka unggah.

Namun rupanya tidak semua orang ingin mempunyai hak kepemilikan. Komunitas Flickr berpendapat bahwa lisensi Public Domain dan Creative Commons 0 (CC0) juga perlu diterapkan guna mengakomodasi mereka yang hendak menyebarkan foto-fotonya secara bebas.

Elon Musk adalah salah satu orang tersebut. CEO Tesla Motors ini memutuskan untuk mengganti lisensi dari foto-foto milik perusahaannya yang lain, yakni SpaceX, menjadi Public Domain. Artinya, foto-foto peluncuran roket SpaceX kini bisa disunting dan dipakai oleh siapapun dan tanpa batasan apapun.

Info menarik: Yahoo Terapkan Sistem Verifikasi “On-Demand Password” Agar Anda Tak Perlu Repot Mengingat Kata Sandi

Tidak diketahui apakah keputusan Elon Musk ini yang menjadi penyebab, namun yang pasti Flickr kini mendukung secara resmi penerapan lisensi Public Domain dan CC0. Pengguna Flickr kini bisa mengunggah fotonya untuk bisa digunakan oleh publik secara luas.

Pun demikian, Anda yang menginginkan pilihan lisensi lain tak perlu khawatir. Pasalnya secara default lisensi All Rights Reserved akan tetap melindungi setiap foto yang Anda unggah. Jika Anda tergolong murah hati atau ingin memberikan karya foto Anda untuk digunakan pihak lain dan ingin memakai lisensi Public Domain, Anda bisa menggantinya via pengaturan akun.

Perbedaan antara Public Domain dan CC0 sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh. Namun yang pasti jika Anda memilih lisensi Public Domain, maka benar-benar tidak ada perlindungan apa-apa atas foto Anda, dan publik bebas mengomersialkan foto-foto tersebut.

Pilihan ada di Anda sebagai pembuat karya, yang pasti kini Flickr memberikan pilihan pengaturan lisensi yang lebih banyak dengan fasilitas yang terbaru ini.

Sumber: Flickr Blog dan Ars Technica.

Play video

22 May 2022

#shorts Web3 Updates - Gambir Gabung ke Kunci Koin

Developer game lokal Gambir Studio bergabung dengan Kunci Koin. #shorts #web3 #blockchain.

Others from #HybridTV