18 February 2022

by Galih

Epic Games Klaim Kini Punya Lebih dari 500 Juta Pengguna

Pertumbuhan pengguna Epic Games terus menunjukkan peningkatan pesat.

Setelah berjuang kurang lebih selama hampir 5 tahun menarik minat para gamer PC untuk mau bermain lewat platform mereka, Epic Games akhirnya resmi mengumumkan bahwa mereka berhasil berhasil memiliki lebih dari 500 juta akun pengguna.

Dalam postingan blog-nya, Epic Games juga menyebutkan bahwa ada 2,7 miliar koneksi pertemanan yang terjalin lewat Fortnite, Rocket League, dan juga Epic Games Store.

Sayangnya Epic Games tidak membagikan lebih banyak detail statistik dari jumlah akun pengguna yang fantastis tersebut. Karena tidak semua pengguna tersebut menggunakan akunnya untuk membeli dan bermain game di PC.

Beberapa lainnya menggunakan akun Epic Games tersebut untuk mengakses Unreal Engines, dan juga menggunakan akun tersebut untuk bermain versi mobile dari Fortnite ataupun Rocket League.

Image Credit: Muselk

Sejak dirilis pada Desember 2018 lalu, Epic Games memang memiliki target tinggi untuk dapat menjadi platform pesaing utama dari Steam. Berbagai cara pun dilakukan Epic Games, mulai dari membuat beberapa game PC dirilis secara eksklusif di platform mereka sampai membagikan game gratis setiap minggu.

Beberapa judul pihak ketiga yang populer di Epic Games Sotre antara lain Final Fantasy VII Remake Intergrade, Hitman 3, Far Cry 6, Genshin Impact, Darkest Dungeon, Kena: Bridge of Spirits, Chivalry 2 dan juga GTA V.

Sedangkan untuk game gratisan, Epic Games berkomitmen untuk melanjutkan tradisi bagi-bagi games tersebut selama 2022 ini.

Image Credit: Epic Games

Selain menjadi platform digital market untuk video game PC, Epic Games juga memberikan fokus kepada distribusi Unreal Engine milik mereka. Bahkan di postingan blog yang sama, Epic secara percaya diri mengatakan bahwa 48% game-game next-gen yang telah diumumkan saat ini dibangun menggunakan Unreal Engine.

Aplikasi Unreal Engine juga kini terus merambah proyek-proyek film dan juga TV. Epic menyebutkan judul-judul film populer seperti Free Guy, The Suicide Squad, The Matrix Resurrection, dan bahkan Spider-Man: No Way Home.

Ke depannya, Epic Games menargetkan untuk terus mengembangkan semua lini produknya termasuk mendorong penggunaan Unreal Engine dalam metaverse. Meskipun tidak menjelaskan lebih lanjut namun Epic Games merasa bahwa metaverse merupakan prospek yang nyata.