Dark
Light

Pengguna Aktif Bulanan Facebook via Mobile Ukir Rekor Baru

1 min read
November 3, 2016
Ilustrasi Facebook via Smartphone Android/Pixabay

Seperti yang diprediksikan oleh banyak orang, perkembangan penggunaan perangkat mobile bakal memberi tuah bagi jejaring sosial Facebook. Dalam laporan kuartal ketiga 2016 baru-baru ini, Facebook mengungkapkan statistik pengguna dari platform mobile yang naik sebesar 20% dari tahun lalu menjadi 1.66 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Tak heran bila peningkatan itu memberi imbas positif bagi pendapatan Facebook dari sektor periklanan yang diumumkan sebesar $5.7 miliar. Angka ini lebih besar dari seluruh pendapatan Facebook di kuartal yang sama tahun lalu sekaligus memecahkan rekor satu miliar pengguna hanya dari platform mobile.

Dalam kesempatan itu Facebook juga membeberkan beberapa data penting baik terkait statistik pengguna maupun keuangan. Selain pengguna aktif di sektor mobile yang meningkat, pengguna aktif non-mobile Facebook juga bertambah menjadi 1.79 miliar atau naik 16% dari tahun ke tahun.

facebook_monthly_q3_2016

fb_mobile_monthly_q3_2016

Peningkatan pengguna aktif bulanan tersebut tak lepas dari aktivitas pengguna yang setiap hari mengunjungi Facebook. Sedikitnya ada 1.18 miliar pengguna yang secara aktif dan 1.09 miliar pengguna mobile aktif yang mengunjungi Facebook setiap harinya.

Pertumbuhan pengguna aktif total Facebook dari kuartal sebelumnya memang hanya naik 4.68%, terbilang kecil jika dibandingkan dengan statistik di tahun-tahun sebelumnya. Namun, prestasi besar yang menjadi sorotan di laporan kali ini adalah pemecahan rekor 1 miliar pengguna aktif bulanan di sektor mobile. Pasalnya, ini menjadi yang pertama ada lebih dari 1 miliar pengguna aktif menggunakan Facebook hanya dari ponsel.

Dengan statistik tersebut dapat dipastikan Facebook dalam kondisi keuangan yang sangat sehat. Total, jejaring sosial raksasa itu mendapatkan laba sebesar $1.09 per lembar saham dari total $7.01 miliar pendapatan di kuartal tersebut.

Sumber berita Venturebeat dan gambar header Pixabay.

Previous Story

Samsung Luncurkan Enam Aksesori Perangkat Mobile Berdesain Stylish

Next Story

Microsoft Teams Adalah Rival Slack yang Terintegrasi dengan Layanan Office 365

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan