Dark
Light

Pengajuan Paten Desain Layar Melengkung Apple Telah Disetujui

1 min read
December 11, 2013

Di dunia modern dimana desain layar datar dan tipis pada perangkat elektronik merupakan simbolisme dari kecanggihan dan masa depan, teknologi layar cembung adalah hal yang hampir tidak pernah kita bayangkan jika ia diusung oleh perangkat mobile teranyar. Tapi tidak begitu menurut Apple, baru-baru ini info detail tentang paten desain layar melengkung mereka muncul ke permukaan.

Pendaftaran paten ini sebenarnya dilakukan sudah cukup lama. Apple mengajukannya pada tahun 2010 dengan menyebutkan Lili Huang, Seung Jae Hong dan John Z. Zhong sebagai penemu melalui U.S Patent and Trademark Office (Kantor Paten dan Merek Dagang AS). Setelah tiga tahun, barulah desain ini akhirnya disetujui hari Selasa lalu. Mereka menyebut rancangan ini sebagai ‘Curved touch sensor‘.

Jadi apakah ‘sensor sentuh melengkung ini’? Ia mengacu pada teknik dan proses manufaktur yang mampu menciptakan permukaan layar sentuh akurat tanpa cacat yang disebabkan oleh perubahan bentuk atau deformasi. Paten ini meliputi juga penggunaan teknologi di layar, touch pad dan touch mice.

Menurut Apple, teknologi-teknologi panel sentuh saat ini, khususnya yang memiliki konduktor tipis yang ditempatkan menumpuk, sangat sulit untuk dibuat karena ‘tebal’ konduktor tipis ini tidak konsisten. Contohnya ketika menempatkan lapisan film tipis ke material fleksibel seperti plastik, proses pemanasan – atau annealing – harus dijaga agar temperaturnya tetap rendah agar tidak merusak material lain. Namun begitu, produsen malah lebih memilih temperatur tinggi untuk meningkatkan ketahanan dan sifat optik lapisan tipis ini.

Untuk menghindari perubahan bentuk (deformasi) dalam proses annealing, desain paten ini menempatkan lapisan film tipis di atas material fleksibel saat ia masih dalam keadaan datar. Saat elektrodanya menempati posisi yang diinginkan, material transparan melengkung lain ditempatkan di atas film dan bahan fleksibel di bawahnya, kemudian dipanaskan secara bertahap. Proses ini menciptakan sensor sentuh melengkung dengan lapisan film yang ‘utuh’ bahkan dengan proses annealing bertemperatur tinggi.

Memang penjelasan di atas cukup rumit, walaupun saya mencoba menggunakan bahasa yang paling sederhana. Untuk melihat perbandingan desain layar sentuh melengkung Apple dengan layar biasa, saya bubuhkan gambar penampang layar di bawah. Ilustrasi tengah adalah desain yang diusung Apple.

Apple Curved Screen

Kini pertanyaan paling mendasar adalah apakah Apple akan menggunakan desain ini di iPhone 6 atau 7? Beberapa kompetitor sebelumnya sudah merilis produk berlayar melengkung – walaupun tidak menggunakan rancangan spesifik seperti Apple – seperti Samsung Galaxy Round dan LG G Flex, lalu kecanggihan apa lagi yang Apple akan tanamkan di dalam layar ini?

Via Apple Insider. Gambar header Curved Smartphone via Shutterstock. 

Previous Story

Facebook Mempertimbangkan Tombol Fitur “Simpati” Sebagai Fitur Ungkapan Belasungkawa

Next Story

[Rumor] LG Persiapkan LG G2 Mini, Diperkenalkan Januari 2014

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Kenapa-Apple-iPhone-16-Pro-dan-iPhone-16-Pro-Max-Perbandingan-dan-Fitur-Terbarunya

Yakin Mau Beli Apple iPhone 16 Pro Series? Perbandingan dan Fitur Terbarunya

Apple sekali lagi berhasil membuat para penggemar teknologi terkesima lewat
Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab