Dark
Light

Pendekatan Minisite Untuk Toko Online oleh Multiply

2 mins read
August 12, 2011

Anda mungkin sudah membaca berbagai berita yang berkaitan dengan XL yang kini bekerja sama dengan Erafone yang meluncurkan toko online mereka di Multiply. Detik.com menuliskan bahwa langkah ini dilakukan XL dalam mengantisipasi booming-nya transaksi online, target yang dicanangkan adalah 10 ribu transaksi hingga akhir tahun.

Penerapan strategi dengan menggaet brand besar atau merek yang telah memiliki nama atau setidaknya pihak luar bisa jadi adalah strategi umum yang dilakukan oleh berbagai penyedia toko online, termasuk juga bagi layanan ‘mall online’, strategi seperti ini juga bisa dilakukan dengan menggaet toko online yang telah memiliki produk yang laku untuk bergabung bersama situs mereka dengan membuat semacam minisite.

Multiply juga memiliki strategi yang serupa, setidaknya ini bisa terlihat dari kerja sama di atas dan kerja sama lain yang mereka lakukan dengan pemilik toko dengan produk atau segmen tertentu.

Multiply masih terus memperkenalkan layanan social commerce mereka yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas e-commerce, selain mencari para penjual perseorangan baru mereka juga bekerja sama dengan beberapa pihak untuk meramaikan jual beli online mereka dengan membuat minisite, Nirmala R. Hapsari dari Multiply menjelaskan tentang beberapa minisite di Multiply, diantaranya adalah liburanasik.multiply.com, ramadhan.multiply.com, brandedsale.multiply.com yang merupakan kolaborasi antara Multiply dan Metrox serta beberapa brand lokal lain, yang juga sedang mempersiapkan halaman Multiply mereka sendiri.

Beberapa minisite lain adalah trinityproduction.multiply.com toko online untuk merchandise artis Trinity Optima Production’s, lalu ada ranforyourlife.multiply.com toko online dari RAN, yang juga menjadi salah satu cara promosi Multiply beberapa waktu lalu, ypki.multiply.com, rumahzakat.multiply.com serta xl123.multiply.com yang menyediakan berbagai produk dari XL.

Bisa jadi pengukuran untuk strategi seperti ini masih harus dilihat beberapa waktu lagi, namun kerja sama XL – Erafone yang membuka toko online di Multiply ini bisa menjadi daya tarik. Kami telah mendengar kerja sama ini sejak beberapa waktu yang lalu, bisa jadi beberapa mantan karyawan XL yang kini ada di Multiply juga berperan atas adanya toko XL – Erafone di Multiply.

Untuk minisite lainnya, adaya tariknya bisa jadi dari sisi pembeli yang bisa mendapatkan produk yang sebelumnya belum ada di Multiply, mungkin saja Multiply juga akan menggaet merek lain yang lebih terkenal atau memiliki basis massa yang lebih banyak.

Sedangkan untuk XL, bisa jadi perkembangan selanjutnya adalah yang lebih menarik dicermati, Kompas menuliskan bahwa ada kemungkinan pengembanan situs belanja online yang sejalan dengan XL Tunai yang juga sedang dikembangkan oleh XL, serta kmungkinan penerapannya di perangkat bergerak.

Multiply sendiri kini juga sedang mengembangkan fasilitas untuk akses dari perangkat begerak, Peter Pezaris, CEO Multiply, beberapa waktu yang lalu menjelaskan bahwa Multiply sedang mengembangkan aplikasi untuk penggun BlackBerry, lalu mempersiapkan standar akes untuk mobile site serta pengembangan native app. Apakah kerja sama ini akan bergerak ke arah kerja sama yang lebih luas? Kita lihat perkembangan selanjutnya.

Pertanyaannya adalah, apakah pendekatan minisite ini akan sukses? Bisa jadi jawaban ini harus ditunda untuk melihat perkembangan selanjutnya dan melihat transaksi yang ada di berbagai minisite ini, ada dua sisi yang bisa dilihat, pertama adalah promosi, porsi yang terbesar bisa jadi akan didapatkan oleh Multiply dimana mereka mendapatkan ‘akuisisi’ merchant yang telah memiliki pelanggan, yang kedua adalah konsumen itu sendiri, apakah minisite ini memberikan pilihan berbagai barang yang telah ada atau barang yang ditawarkan bisa jadi sudah disediakan oleh penjual lain.

Strategi yang memang layak untuk dicoba, Multiply sendiri bagi saya punya dua fokus yang masing-masing harus dikelola dengan baik, layanan mereka untuk blogger serta marketplace dan social commerce yang keduanya kini tetap menjadi fokus mereka.

[Sumber Gambar]

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

  1. Kapan DS menulis evaluasi peta kekuatan Rakuten, Plasa, Multiply, Tokopedia, Juale, dsb?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

We Love Press Release, Memperkenalkan NewsWire@DS

Next Story

Jobs: Lowongan Kerja di GoMobile, TMGamer dan eXo Digital Agency

Latest from Blog

Don't Miss

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah

Erajaya Mulai Menjual Smart TV di Gerainya

Saat ini kita mengenal Erajaya yang menjual perangkat-perangkat gadget seperti smartphone dan wearables.