Gaming News
for SEO
Gaming News

Industri Game Global Pecahkan Rekor Pendapatan di 2021

25 December 2021Adi Nawan

Rekor ini mematahkan prediksi para analis di awal tahun.

2021 masih menjadi tahun yang berat bagi industri game, namun setidaknya pertumbuhan pendapatan untuk industri ini masih terus meningkat. Dilaporkan oleh Newzoo, industri video game disebut mampu memperoleh pendapatan mencapai $180,3 miliar atau sekitar Rp 2,563 triliun.

Angka fantastis tersebut bahkan mencetak rekor baru untuk pendapatan global industri video game. Tahun 2021 ini juga mengalami pertumbuhan sebesar 1,4% dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan tersebut dapat diraih karena industri video game masih mendapat keuntungan dari lockdown dan peraturan kerja dari rumah (WFH) yang masih terjadi.

Pasar mobile memang masih tetap mendominasi pasar video game global dengan 52%, diikuti dengan game konsol dengan 28%, dan pasar PC berada di urutan terakhir dengan 20%. Dengan presentase tersebut, pasar game mobileberhasil menyumbang pendapatan hampir $100 miliar atau lebih tepatnya $93,2 miliar (Rp1,324 triliun).

Image credit: Newzoo

Padahal, Newzoo sendiri sempat memberikan prediksi pada awal tahun ini bahwa ada kemungkinan industri video game malah akan menyusut sebesar 1,1%. Prediksi para analis ini meleset karena masih tumbuh suburnya pasar game mobile, dan juga performa pasar PC dan konsol yang mampu melebihi ekspektasi.

Newzoo awalnya memperkirakan bahwa adanya berbagai masalah di industri game seperti penundaan game-game AAA serta kelangkaan konsol dan berbagai part PC yang terjadi akan mempengaruhi tren belanja para gamer tahun ini.

Pengamatan terhadap industri video game pada tahun ini juga memberikan fakta baru bahwa pasar video game tidak lagi menjadi bisnis musiman yang tergantung pada perilisan judul-judul terkenal seperti dahulu.

Image credit: Valve

Hal tersebut dikarenakan banyak game yang kini menggunakan model bisnisgame-as-a-service yang konsisten terus mengeluarkan update berupa season pass, battle pass, atau bahkan ekspansi untuk game-nya. Sehingga, para publisher game tidak lagi dipusingkan dengan siklus perilisan game tahunan yang harus dicapai.

Fakta menarik lainnya datang dari pasar cloud gaming yang ternyata mengalami peningkatan cukup signifikan pada tahun ini. Bahkan pendapatan dari pasar cloud gaming mampu meningkat hingga dua kali lipat daripada tahun lalu.

Sektor video game lainnya, seperti esport juga mengalami pertumbuhan hingga 14,5% dari tahun lalu. Sektor pendukung seperti live streaming juga ikut naik sebesar 12,7% bila dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan Twitch mampu memecahkan rekor siarannya tahun ini dengan jumlah durasi tayangan yang mencapai 23,3 miliar jam.

Play video

24 May 2022

[Review] Samsung Kelas Menengah Galaxy A23 Vs Galaxy A13, Pilih Mana?

Buat kalian yang lagi mencari smartphone Samsung dengan fitur komplet, tetapi punya budget terbatas. Maka jawabannya ...

Others from #HybridTV