Pendapatan Capcom Kembali Pecahkan Rekor di Tahun 2021

Berkat franchise terpopulernya, Capcom berhasil menciptakan rekor pendapatan baru secara beruntun.

Developer serta publisher game ternama asal Jepang, Capcom, baru saja merilis laporan keuangan terbaru masa periode Maret 2020 sampai Maret 2021. Meskipun di tengah badai pandemi Covid-19, hal tersebut tidak menyurutkan pendapatan dari Capcom. Bahkan, mereka menciptakan rekor baru pertumbuhan pendapatan operasional selama delapan tahun beruntun dan tahun keempat beruntun untuk rekor laba tertinggi dalam sejarah perusahaan.

Berdasarkan data laporan fiskal yang dirilis oleh Capcom pekan ini, net sales perusahaan Capcom meningkat sebesar 16.8 %, peningkatan operational income sebesar 51.6%, ordinary income sebesar 51.8%, dan net income dari perusahaan induk sebesar 56.3%. Detail laporan fiskal Capcom tahun 2021 bisa dilihat di sini.

Image Credit: Capcom

Hasil positif yang diraih oleh Capcom tentunya didukung oleh kesuksesan penjualan franchisegame milik Capcom seperti Monster Hunter Rise yang terjual 4 juta copy pada perilisan pertama di bulan Maret 2021 dan game remake Resident Evil 3 yang berhasil terjual sebesar 3,9 juta copy. Selain itu penjualan konten DLC dari Monster Hunter World: Iceborne dan Resident Evil 2 yang dirilis pada laporan fiskal tahun sebelumnya turut memberikan dampak positif untuk Capcom.

Konten mobile dari Capcom juga menuai kesuksesan melalui peluncuran Rockman X Dive di Jepang dan pendapatan lisensi dari Street Fighter Duel yang dirilis di China. Keuntungan besar Capcom lainnya dihasilkan dari pendapatan luar negeri akibat perluasan pasar regional, terutama di wilayah barat, dan setiap judul franchise game Capcom memiliki yang umur panjang.

Image Credit: Capcom

Pada laporan fiskal yang akan datang, Capcom menargetkan net sales sebesar ¥100 juta dan pemasukan operasional sebesar ¥42 juta yang akan memberikan rekor pertumbuhan penjualan beruntun untuk kesembilan kalinya.

Dengan kehadiran konsol next-gen PS5 serta perkembangan platformmobile dan PC, tidaklah mustahil bagi Capcom untuk meraih rekor pertumbuhan penjualan selama sembilan kali beruntun pada laporan fiskal tahun depan.

Resident Evil Village, game terbaru dari Capcom, yang dirilis pada 7 Mei yang lalu menuai hasil positif dengan mencetak rekor jumlah pemain dan penonton di Steam dan Twitch, baca ulasan lebih lanjutnya di sini.