1 May 2022

by Galih

Pengembang Angry Birds, Rovio Cetak Rekor Baru Pendapatannya Tahun Ini

Franchise game kasual ini ternyata masih terus populer memasuki tahun ini.

Kepopuleran game kasual Angry Birds memang mampu terus bertahan di umur franchise-nya yang menginjak umurnya yang ke-13 tahun. Bahkan franchise Angry Birds mencetak rekor baru pendapatan pada kuartal pertama tahun ini.

Melalui laporan finansial resminya, pengembang Angry Birds Rovio mengumumkan bahwa mereka mengalami peningkatan pendapatan dan juga pengguna aktif harian.

Peningkatan tersebut sendiri disebut karena adanya perkembangan yang berkelanjutan dari franchise Angry Birds. Rovio mencatatkan bahwa pendapatan mereka untuk kuartal pertama 2022 ini mencapai €85 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

Angka yang menakjubkan tersebut menunjukkan adanya kenaikan jumlah pendapatan sebesar 26% bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Dan sumber pendapatan terbesar dari Rovio ini berasal dari judul game terbesar mereka, Angry Birds 2.

Image Credit: Rovio

Padahal Angry Birds 2 sendiri dirilis pada 2015 lalu, yang berarti game ini telah berumur hampir 7 tahun. Namun nyatanya Angry Birds 2 masih mampu mendatangkan pendapatan sebesar €30,3 juta atau sekitar Rp459 miliar.

Kesuksesan Angry Birds 2 sebenarnya juga diteruskan oleh game terbaru mereka yaitu Angry Birds Journey.Game mobile yang baru dirilis pada 20 Januari tersebut juga sukses mendulang pendapatan sebesar €10,1 juta atau sekitar Rp154 miliar hanya dalam waktu beberapa bulan.

Game lain yang ikut berkontribusi dalam pendapatan masif Rovio pun juga tetap datang dari franchise Angry Birds yaitu Angry Birds Dream Blast yang merupakan game berjenis puzzle "match 3". Selanjutnya ada Angry Birds Friends yang merupakan versi sosial dan kompetitif dari Angry Birds.

Meskipun kedua game tersebut bukanlah game baru karena Angry Birds Dream Blast dirilis pada 2018, bahkan Angry Birds Friends telah eksis sejak 2013 silam. Namun pendapatan kedua game tersebut mengalami fase tertingginya yang mencapai total €9,3 juta atau Rp141 miliar.

Selain mengalami peningkatan pendapatan yang cukup positif, hal yang sama juga terjadi pada jumlah pemain aktif harian dari game-game milik Rovio tersebut. Secara keseluruhan jumlah pemain aktif harian Rovio mencapai 7,3 juta pemain. Angka tersebut menunjukkan kenaikkan sebesar 12% dari tahun lalu yang mencapai 6,5 juta pemain per hari.

Rovio kelihatannya tidak akan berhenti untuk terus menghadirkan game-game baru dari seri Angry Birds mengingat kepopulerannya yang terus meningkat. Selain itu, membawa franchise ini ke medium lain seperti film layar lebar dan juga serial animasi juga menjadi pundi-pundi tambahan bagi Rovio.