29 December 2014

by Bambang Winarso

Pemprov Kepri Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik Lewat Aplikasi Android

Mendapatkan penghargaan urutan ke delapan sebagai lembaga pemerintah yang memberikan informasi keterbukaan publik terbaik di Indonesia pada tahun 2013 lalu tampaknya kian memacu semangat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau untuk lebih terbuka di tahun 2014.

Paham betul platform Android dapat menjangkau banyak kalangan, Pemprov Kepri baru-baru ini merilis aplikasi Android resmi pemerintah provinsi yang sudah dapat diunduh dari Play Store.

Dikutip dari Antaranews, bahwa dengan adanya aplikasi Android ini harapannya masyarakat dapat memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang pelayanan publik hingga pengurusan perizinan usaha dan juga program-program pemerintah sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bagian Humas Pemprov Kepri, Dedi Alfian.

Untuk memberikan keterbukaan informasi dari berbagai layanan tersebut, Pemprov Kepri menggandeng seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajarannya. Bahkan informasi agenda-agenda kegiatan Gubernur Muhammad Sani dan Wakil Gubernur Soerya Respationo dapat dipantau melalui aplikasi.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Grup di WhatsApp

 

Aplikasi kian lengkap dengan ketersediaan buku tamu dimana pengguna khususnya masyarakat Kepulauan Riau dapat memberikan kritik, masukan dan saran terkait pembangunan daerah serta kebijakan-kebijakannya.

Peluncuran aplikasi Android oleh Pemprov Kepri merupakan langkah lanjutan dari apa yang sudah mereka kerjakan sejak beberapa tahun belakangan. Pemprov juga sudah memiliki website kepriprov.go.id, Majalah Duta Kepri, KCS TV dan Video Throne sebagai bagian dari upaya keterbukaan informasi publik tadi.

Masih dari sumber yang sama, Dedi Alfian menyebutkan bahwa target selanjutnya adalah menjalankan keterbukaan informasi sesuai amanah UU KIP.

Aplikasi dari Pemprov Kepri dapat diunduh di tautan ini.

Gambar header: Android via Shutterstock.