Dark
Light

Pemenang Kompetisi Ide Game dari MIKTI dan Square-Enix

1 min read
April 19, 2012

MIKTI mengumumkan pemenang utama kompetisi ide game untuk ponsel (Android) yang bekerja sama dengan Square-Enix. MIKTI-Square Enix Game Idea Competition 2011 ini diselenggarakan akhir tahun lalu, seleksinya dilakukan sejak September 2011. DailySocial juga sempat hadir di acara promosi kompetisi ini di ITB bulan Agustus tahun lalu.

Setelah masa seleksi, penjurian dan pengumuman 10 finalis akhirnya dipilihlah 3 pemenang utama dan resmi diumumkan. Dari rilis yang tercantum di situs resmi MIKTI, sebenarnya pengumuman ini telah dilakukan sejak akhir Maret lalu, namun sepertinya pemuatan rilis pers di situs resmi MIKTI baru dilakukan bulan April. Ketiga pemenang utama tersebut adalah Whizzy Wazzy (Manticore Studio) sebagai juara pertama, Beat The Flooder! (Hendri Kusuma Firdaus) sebagai juara ke dua, dan Busway Bhablass! (Manticore Studio) sebagai juara ke tiga. Para pemenang ini akan mendapatkan hadiah total US$ 3000.

Square-Enix memilih Indonesia dari beberapa negara yang mereka survei untuk menjaring ide, konsep dan aplikasi game mobile, yang akhirnya membawa mereka bekerja sama dengan MIKTI untuk mengadakan kompetisi ini. Kompetisi ini diperuntukkan bagi game untuk handset Android dengan minimal sistem operasi 2.1 dan layar 4″ – 11″. Beberapa hal yang diperhatikan dalam kompetisi ini adalah game harus memiliki elemen sosial di dalamnya, kemudian merupakan game single download, lalu ide atau game tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya dan ide atau game tersebut secara eksklusif bisa diterbitkan oleh Square-Enix.

Tiga pemenang ini dipilih atas seleksi dari 121 karya yang kemudian dikerucutkan menjadi 20 ide game yang dinilai di Jepang oleh Mr. Keiji Honda, Executive Vice President dan Representative Director, dan Mr. Yoichi Haraguchi, Senior Executive Managing Officer dari Square-Enix dan akhirnya dipilih 10 finalis sebelum dipilih 3 pemenang utama, 10 finalis terdiri dari Busway Bhablass!!! (Manticore Studio), Graviton (Bliss Garden Production), Operation: Snowblood (Over Nine Thousand), Project Agent-C (Adhi Christanto Lilis), The King of Familiars (PT. Nightspade Multi Kreasi), Whizzy Wazzy (Manticore Studio), Mightty Carrom (Aji Prastowo), 17/8 (Asekai Group), Beat The Flooder! (Hendri Kusuma Firdaus), The Hobby Shop (DAV Studio).

Tiga pemenang utama tersebut diharapkan untuk bisa mengembangkan prototipe game menjadi game berkualitas dunia, dan meningkatkan berbagai fitur yang ada di dalam game tersebut. Nantinya Square-Enix akan memutuskan apakah akan meluncurkan dan mempromosikan mobile game tersebut di Indonesia dan seluruh dunia.

Jadi, saya pikir layak untuk menantikan berita selanjutnya dari para pemenang ini, sedangkan MIKTI sendiri berencana untuk mengadakan acara Game Idea Competition 2012, masih bersama Square-Enix.

Sumber artikel: Info Komputer dan Mikti.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Perilaku Pengguna Internet Indonesia Berdasar Hasil Survei Ipsos

Next Story

Makanan dan Minuman Jadi Primadona Daily Deals

Latest from Blog

Don't Miss

Apakah Popularitas Game di Kalangan Streamers Berpengaruh Pada Jumlah Gamers?

Sekarang, orang-orang tidak hanya suka untuk bermain game, tapi juga
Gameplay Final Fantasy 16

Final Fantasy 16 Pamerkan 25 Menit Gameplay di State of Play 2023

Melalui State of Play terbaru, Sony dan Square Enix memamerkan