Mobile
for SEO
Mobile

Pembelian Konten Digital Semakin Mudah dengan Metode Carrier Billing

13 January 2015Elabora

Belum lama ini Indosat memperkenalkan metode pembelian konten digital terbaru melalui Android Google Play Store dengan sistem potong pulsa atau carrier billing. Seberapa besar pengaruhnya kemudahan tersebut terhadap gaya hidup masyarakat pengguna smartphone di Tanah Air? Kami coba mengulas tentang pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan kartu kredit di Indonesia sebagai negara berkembang sendiri masih terbilang minim, itulah mengapa sistem pembayaran carrier billing atau potong pulsa menjadi favorit untuk melakukan pembelian aplikasi, musik, buku/majalah, dan sebagainya. Melihat begitu banyaknya penggunaan smartphone hingga ke berbagai lapisan masyarakat, menjadikan metode carrier billing dianggap jauh lebih mudah dan aman ketimbang harus menggunakan kartu kredit.

Secara garis besar, mayoritas pengeluaran dari seorang pengguna smartphone tentu saja pembelian aplikasi berbayar. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi premium maupun game masih menjadi primadona dari sebuah marketplace aplikasi seperti Google Play Store. Tidak melupakan fakta bahwa pembelian buku/majalah digital (e-book) merupakan hal menarik lain yang bisa dilakukan lewat Google Play.

Pengguna juga bisa memanfaatkan Newsstand dan Books untuk mengunduh dan berlangganan berbagai berita, buku dan majalah yang bahkan diterbitkan secara internasional. Peralihan dari bentuk cetak ke digital memang belum banyak diterima masyarakat, namun kenyataannya digitalisasi buku merupakan suatu bentuk dukungan aksi go green yang menghindari penggunaan kertas.

Kesempatan yang ditawarkan jelas semakin lebar. Dalam ranah pendidikan, akses pembelian buku digital yang kian mudah seharusnya dimanfaatkan oleh para penerbit untuk menjangkau para pembaca, dan mendorong minat baca. Secara tidak langsung skema ini sedikit banyak membantu konsep kuliah online yang diresmikan ke beberapa instansi pendidikan Indonesia oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono beberapa waktu lalu.

Nah, bagi yang gemar menikmati musik, metode ini tentunya memudahkan untuk mengunduh lagu yang tersedia oleh Google Play. Di luar perihal hukum masalah legalitas kepemilikan lagu, nyatanya mengunduh secara legal merupakan sebuah bentuk apresiasi pengguna terhadap artis idola mereka. Namun sayangnya, saat ini Google Play Music belum tersedia di Indonesia.

Selama konsep monetisasi dari carrier billing memudahkan konsumen, seperti yang disajikan oleh Indosat, metode ini akan terus menawarkan solusi-solusi unik yang memperlancar ekosistem mobile di Indonesia. Karena metode carrier billing tidak hanya merupakan kabar baik bagi end user saja, tetapi juga para pengembang aplikasi yang dapat memudahkan menjalankan model bisnis mereka.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

*) Artikel ini merupakan advertorial yang disponsori oleh Indosat.

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV