Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Daftar Pemain dan Tim Esports dengan Total Hadiah Kemenangan Terbesar di 2021

16 February 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Tim dan pemain yang memenangkan The International 10 mendominasi daftar pemain dan tim dengan hadiah kemenangan terbesar.

Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah penonton esports terus naik. Pandemi COVID-19 juga membuat semakin banyak orang tertarik untuk tahu tentang competitive gaming. Salah satu hal yang membuat industri esports menjadi topik pembicaraan hangat adalah total hadiah kompetisi esports yang terus naik. Setiap tahun, The International selalu menciptakan rekor baru untuk kompetisi esports dengan hadiah terbesar. Tahun lalu, TI 10 menawarkan total hadiah sebesar US$40 juta.

Tentu saja, tidak semua penyelenggara turnamen dapat menawarkan total hadiah sebesar The International. Satu-satunya turnamen esports yang bisa menyaingin total hadiah dari TI adalah Fortnite World Cup, yang diadakan pada 2019. Ketika itu, FWC menawarkan total hadiah sebesar US$30 juta. Berikut daftar tentang pemain dan tim esports yang berhasil membawa pulang hadiah uang terbanyak dalam 2021.

Tim dengan Total Hadiah Terbesar

Setiap tahun, The International selalu menjadi turnamen esports dengan total hadiah terbesar. Karena itu, jangan heran jika tim yang memenangkan kompetisi Dota 2 tersebut biasanya menjadi tim dengan total hadiah kemenangan terbesar dalam setahun.

Berikut daftar tim esports dengan total hadiah kemenangan terbesar pada tahun lalu.

1. Team Spirit – US$18,8 juta
2. Paris Saint-Germain Esports (PSG.LGD) – US$5,9 juta
3. Natus Vincere – US$5,3 juta
4. Team Secret – US$4 juta
5. Qiao Gu Reapers – US$3,4 juta

Seperti yang bisa Anda lihat pada daftar di atas, tiga dari lima tim esports yang masuk daftar tim-tim dengan total hadiah kemenangan terbesar merupakan tim yang berhasil menjadi juara di The International 10. Team Spirit menjadi tim yang membawa pulang Aegis of Champions, sementara PSG.LGD merupakan runner-up dan Team Secret menduduki juara tiga di TI 10.

Sejak didirikan pada 2016, tim Dota 2 Team Spirit menjadi kontributor terbesar pada total hadiah kemenangan organisasi tersebut. Menurut Esports Earnings, tim Dota 2 dari Team Spirit memberikan kontribusi sebesar 94,73% dari total hadiah dari organisasi esports tersebut. Selain Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive menjadi game yang memberikan kontribusi yang cukup signifikan, yaitu sebesar US$752,8 ribu atau sekitar 3,78% dari total hadiah Team Spirit.

Keadaan PSG.LGD tidak jauh berbeda dengan Team Spirit. Tim Dota 2 mereka — khususnya tim yang memenangkan juara 2 dari TI 10 — memberikan kontribusi terbesar pada total hadiah yang PSG.LGD bawa pulang pada 2021. Secara keseluruhan, tim Dota 2 menyumbangkan lebih dari 90% dari total kemenangan PSG.LGD. Sementara Brawl Stars menyumbangkan 1,46% atau sekitar Rp228,6 ribu dan Rocket League memberikan kontribusi sebesar 1,36% atau sekitar Rp213,4 ribu

Natus Vincere alias NAVI menjadi tim dengan total hadiah terbesar ke-3 pada 2021. Berbeda dengan Team Spirit dan PSG.LGD, NAVI mengumpulkan total hadiah sebesar US$5,3 juta dari beragam game. Tim NAVI yang memberikan sumbangan paling besar pada total hadiah NAVI adalah tim CS:GO, diikuti oleh tim Dota 2. Selain itu, tim-tim yang berlaga di PUBG Mobile, PUBG, dan World of Tanks juga memberikan kontribusi yang lumayan untuk total hadiah kemenangan NAVI, sejak tim itu didirikan pada 2009.

NAVI saat memenangkan PGL Major Stockholm 2021. | Sumber: NAVI

Saat mendapatkan juara 3 di The International 10, Team Secret mendapatkan US$3,6 juta — 90% dari total hadiah yang mereka dapatkan sepanjang 2021. Memang, sejak didirikan pada 2014, turnamen Dota 2 memberikan kontribusi paling besar (sekitar 93,7%)  pada dari total hadiah kemenangan Team Secret. Selain Dota 2, dua game lain yang memberikan kontribusi lebih dari 1% pada total hadiah Team Secret adalah PUBG Mobile (Malaysia) dan Fortnite.

Dalam daftar tim dengan total hadiah kemenangan terbesar di 2021, posisi ke-5 diduduki oleh Qiao Gu Reapers. Sebagian besar uang hadiah yang dimenangkan oleh tim Tiongkok datang dari kompetisi Honor of Kings alias Arena of Valor. Mereka memenangkan Honor of Kings World Champion Cup 2021 dan membawa pulang US$3,2 juta. Selain itu, mereka juga mendapatkan US$179,4 ribu setelah meraih peringkat 5 di King Pro League Spring 2021.

Pemain dengan Total Hadiah Terbesar

Sekarang, mari beralih ke daftar pemain dengan total hadiah kemenangan terbesar. Sudah bisa diduga, daftar ini berisi para pemain Dota 2 yang meraih juara pertama dan kedua di The International 10. Sebagai juara TI 10, Team Spirit mendapatkan US$18,2 juta. Jika hadiah tersebut dibagi ke kelima pemain secara merata, maka setiap pemain Team Spirit mendapatkan US$3,64 juta. Alhasil, kelima anggota Team Spirit mengisi daftar lima atlet esports dengan total hadiah terbesar pada 2021.

10 pemain profesional dengan total hadiah terbesar pada 2021. | Sumber: InvenGlobal

Daftar lima pemain dengan total hadiah terbesar diisi oleh anggota Team Spirit. Sementara posisi ke-6 sampai ke-10 diisi oleh anggota PSG.LGD, tim yang menjadi runner-up di TI 10. Hal ini menunjukkan, total hadiah yang ditawarkan oleh TI 10 memang jauh lebih besar dari turnamen-turnamen esports lain, baik kompetisi Dota 2 maupun kompetisi dari game lain.

Negara dengan Total Hadiah Terbesar

Daftar pemain dan tim esports dengan total hadiah terbesar pada 2021 didominasi oleh tim dan pemain yang memenangkan The International 10. Dan turnamen tahunan Dota 2 itu juga tetap punya pengaruh ke total hadiah kompetisi esports yang didapatkan oleh setiap negara. Namun, total hadiah dari kompetisi game-game lain juga punya peran dalam menentukan negara-negara yang masuk dalam daftar negara dengan total hadiah terbesar.

Sumber: Esports Earnings

Seperti yang bisa Anda lihat pada grafik di atas, Tiongkok menjadi negara yang berhasil membawa pulang hadiah terbesar. Dengan jumlah pemain profesional sebanyak 1.004 orang, total hadiah rata-rata yang dimenangkan oleh setiap pemain adalah US$37,8 ribu.

Di Tiongkok, empat atlet esports yang memberikan kontribusi terbesar pada total hadiah yang dimenangkan oleh Tiongkok merupakan anggota tim PSG.LGD: Wang “Ame” Chunyu, Zhang “y'” Yiping, Zhang “Faith_bian” Ruida, dan Zhao “XinQ” Zicing. Selain keempat pemain profesional tersebut, lima atlet esports yang memberikan kontribusi terbesar ke total hadiah Tiongkok adalah anggota tim Qiao Gu Reapers, tim yang memenangkan Honor of Kings World Championship Cup 2021.

Amerika Serikat menjadi negara dengan total hadiah kemenangan terbesar kedua setelah Tiongkok. Satu hal yang membedakan AS dengan Tiongkok adalah jumlah pemain profesionalnya yang jauh lebih banyak: mencapai 3,5 kali lipat dari Tiongkok. Per 2021, AS memiliki 3.629 pemain profesional. Hal lain yang membedakan AS dengan Tiongkok adalah game esports yang memberikan kontribusi pada total hadiah yang dimenangkan oleh AS. Di Tiongkok, dua game yang memberikan kontribusi paling besar adalah Dota 2 dan Honor of Kings. Di AS, dua game yang menyumbangkan uang hadiah paling banyak adalah Call of Duty dan PUBG.

Dengan total hadiah sebesar US$2,2 juta, Rusia ada di posisi ke-3. Sebanyak US$11 juta dari total hadiah yang didapatkan oleh Rusia berasal dari tiga anggota Team Spirit: Miposhka, TORONTOTOKYO, dan Collapse. Selain Dota 2, game lain yang memberikan kontribusi besar pada total hadiah yang dimenangkan oleh Rusia adalah CS:GO. Setelah tiga pemain Team Spirit, tiga pemain lain yang memberikan kontribusi terbesar pada total hadiah yang didapat Rusia adalah anggota NAVI, yaitu Denis “electronic” Sharipov, Kirill “Boombl4” Mikhailov, dan Ilya “Perfecto” Zalutskiy.

Sumber: Esports Earnings

Berhasil membawa pulang uang hadiah sebesar US$10,3 juta, Korea Selatan menjadi negara ke-4 dengan total hadiah terbesar pada 2021. Di negara itu, terdapat 883 pemain profesional. Jadi, rata-rata, besar uang hadiah rata-rata yang dimenangkan oleh setiap pemain adalah US$13,4 ribu.

Satu hal yang menarik, Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara yang mendominasi skena esports League of Legends. Namun, empat pemain yang menjadi kontributor terbesar ke total hadiah untuk Korea Selatan bukanlah pemain League of Legends, tapi pemain PUBG. Selain itu, game lain yang memberikan kontribusi besar pada total hadiah yang didapat Korea Selatan adalah Overwatch.

Dua anggota Team Spirit memberikan kontribusi sebesar US$7,4 juta pada total hadiah yang dimenangkan oleh Ukraina. Setelah Mira dan Yatoro, dua pemain yang memberikan kontribusi terbesar lainnya adalah Alexander “s1mple” Kostylev dan Valeriy “B1t” Vakhovskiy. Keduanya merupakan pemain CS:GO yang berlabuh di NAVI. Satu hal yang menarik, Ukraina memiliki uang hadiah rata-rata per pemain paling tinggi setelah Tiongkok, mencapai US$34 ribu. Pasalnya, walau Ukraina hanya memenangkan total hadiah sebesar US$10,3 juta pada tahun lalu, jumlah pemain profesional mereka juga tidak banyak, hanya mencapai 302 orang.

Sumber header: Twitter

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV