Pelatih Timnas FIFA dari PSSI Angkat Bicara Soal Perwakilan FIFA Online 4 di SEA Games 2021

Ahmad Fadh Karim adalah pelatih eNation Squad yang ditunjuk PSSI pada 3 Mei 2021 lalu.

9 Maret 2022 kemarin, PBESI resmi mengumumkan daftar pemain, pelatih, dan manajer yang akan mewakili Indonesia di SEA Games 2021, Vietnam, cabang FIFA Online 4.

Berikut ini adalah daftarnya.

Susunan manajer dan pelatih: 1. Muhammad Hafizuddin - Team Manager 2. Wong Andy Wijaya - Pelatih

Susunan pemain: 1. Aziz Muhammad Surya Jaya 2. Mohammad Ega Rahmaditya 3. Pugu Mujahid Mantang 4. Rizky Faidan

Jika Anda memang familiar dengan skena esports bola dalam negeri, baik itu FIFA, PES (eFootball), ataupun FIFA Online, Anda akan sadar bahwa tidak ada pemain FIFA Online 4 dari daftar nama di atas.

Aziz adalah pemain FIFA yang pernah bermain untuk Dewa United. Sedangkan Ega (Eggsy) juga pemain FIFA yang sekarang bernaung di bawah RRQ. Pugu juga merupakan pemain FIFA dari RAJA Esports. Sedangkan Rizky Faidan adalah pemain eFootball.

Perbedaan antara FIFA dan FIFA Online

Saya tidak tahu apakah para petinggi di PBESI sana tahu bahwa FIFA dan FIFA Online adalah seri game yang berbeda. FIFA adalah game yang dikembangkan dan dirilis oleh EA. Sedangkan FIFA Online (termasuk FIFA Online 4/FO4) dirilis oleh Garena.

Saya pun bertanya kepada Fadh Karim, pelatih eNation Squad yang ditunjuk oleh PSSI, tentang perbedaan antara FIFA dan FIFA Online.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by PSSI (@pssi)

"Sebenernya game-nya gak jauh beda dari FIFA-FIFA sebelumnya. Karena engine-nya memang FIFA console terdahulu yang dicampur dengan beberapa META dari seri-seri FIFA console sebelumnya. Tapi, kalau dibandingkan antara game FIFA console sekarang (FIFA 22, PS5) dengan FIFA Online 4, keduanya jelas game yang sangat berbeda."

Fadh pun menambahkan jika setiap game bola memiliki engine yang jelas berbeda, strategi in-game yang digunakan juga berbeda, skill move yang ada di game-nya masing-masing juga berbeda, dan META di-game-nya juga berbeda. "Jangankan beda game, beda seripun berbeda (permainannya)."

Meski begitu, Fadh tetap mengakui jika konsep semua game bola memang sama. Hanya saja memang ada beberapa META dan fitur yang harus dipelajari.

Prediksi performa Indonesia di SEA Games 2021 untuk FO4

Lalu bagaimana pendapat Fadh tentang pemilihan nama-nama pemain tadi, yang akan mewakili Indonesia? Dedengkot di komunitas FIFA yang sudah berkecimpung selama bertahun-tahun ini mengatakan, "Pemilihan 3 pemain dari FIFA console dan 1 pemain dari PES sebenarnya sah-sah saja kalau memang coach dari FO4 menilai para pemain itu mempunyai talenta atau potensi untuk meraih medali di SEA Games.

Tapi kalau dari kacamata saya pribadi, seharusnya ada 1 nama dari pemain FO4 yang sudah punya pengalaman jauh lebih lama dari pemain-pemain yang terpilih. Mungkin bisa jadi pemain cadangan atau analis. Karena, bahkan dari semua anggota, termasuk pelatih dan 4 pemain yang terpilih, tidak memiliki background FIFA Online 3 maupun 4. Jelas pengalamannya akan kalah dari pemain FO4 itu sendiri."

Terakhir, saya pun bertanya tentang prediksinya para pemain tadi di SEA Games nanti. "Lawan-lawan kita nanti jelas punya pengalaman yang jauh lebih lama dari para pemain kita. Karena, di Thailand dan Vietnam, ada 2 nama besar yang sangat berpotensi jadi juara. Tapi, dengan persiapan 2 bulan ini, saya yakin para pemain terpilih akan terus berkembang dan bisa mengharumkan nama bangsa. Prediksi saya sih, masuk semifinal."