PBESI Umumkan Jajaran Pelatih dan Atlet Untuk Pelatnas SEA Games 2021 Vietnam

Nantinya pelatnas akan berlangsung selama 2 bulan dengan beberapa rangkaian pelatihan internal.

SEA Games 2021 Vietnam merupakan ajang kedua yang memperlombakan esports sebagai cabang bermedali. Sebelumnya, esports sudah menjadi cabang bermedali pertama kali di SEA Games 2019 di Filipina.

Meski begitu esports pertama kali muncul di ajang olahraga internasional pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Namun kala itu esports masih menjadi cabang ekshibisi.

Menyambut SEA Games 2021 Vietnam, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) selaku organisasi yang mewadahi seluruh kegiatan esports di Indonesia mengadakan kegiatan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk SEA Games 2021 di bawah pengawasan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Pelatnas kali ini akan dimulai dari 1 Maret hingga 30 April mendatang. Nantinya ada banyak proses pelatihan internal yang dilakukan dengan berbagai cara, seperti ajang pemusatan konsentrasi, uji coba strategi, dan pembelajaran calon lawan di SEA Games 2021 mendatang.

Ada banyak proses pada seleksi kali ini dan telah ditentukan beberapa atlet serta pelatih yang layak mewakili Indonesia. Proses seleksi sendiri membawa empat jalur seleksi, yaitu jalur PON, jalur undangan, jalur Kejuaraan Nasional (Kejurnas), serta pilihan pelatih, dan menjaring lebih dari 120 atlet dan 10 pelatih untuk seluruh nomor pertandingan.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Garudaku (@garudaku.esi)

Setelah terpilih ada banyak hal yang harus dipelajari oleh para atlet dan pelatih terpilih seperti program pelatihan intensif untuk kemampuan teknis, fisik, psikologi, mental, strategi, analisis, hingga nutrisi.

Lalu Program Pelatnas akan terbagi ke 2 tahap yaitu tahap pertama di 1 - 10 Maret dan tahap kedua di 11 Maret - 30 April.

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo mengatakan segala upaya untuk persiapan optimal selalu diprioritaskan. Kehadiran Pelatnas ini juga menjadi komitmen dan tanggung jawab jangka panjang PBESI untuk meningkatkan kompetensi serta prestasi para atlet esports Indonesia.

Sumber: Esports.id

“Melalui program-program pembinaan yang strategis seperti Pelatnas SEA Games 2021 beserta dengan proses seleksi dan penjaringannya, kami optimistis prestasi esports Indonesia akan berada di jajaran terdepan di dunia, sejajar dan bahkan mampu mengungguli negara-negara lain yang lebih dulu mengembangkan potensi esportsnya

Pada SEA Games 2021 nanti, kami menargetkan mampu menyumbang medali emas dan Pelatnas ini kami siapkan sebagai candradimuka bagi talenta-talenta potensial untuk makin mengasah kemampuan terbaiknya,” jelasnya.

Pengumuman nama-nama pelatih dan atlet Pelatnas SEA Games 2021 disampaikan secara online dengan para pelaku internal PBESI.

Informasi mengenai Pelatnas SEA Games 2021 dan nama-nama dari para pelatih serta atlet yang terpilih dapat diakses dalam platform resmi PBESI yaitu di www.garudaku.com.