1. Startup

PayPal Here Bakal Hadir di Asia Pasifik, Tapi Belum Termasuk Indonesia

Akhirnya pesaing Square yang benar-benar serius akan hadir. PayPal yang mendominasi pembayaran online secara global akan mendistribusikan alat swipe kartu kredit berbentuk segitiga yang disebut sebagai PayPal Here untuk menandingi Square yang berjaya di micropayment. Alat ini akan memudahkan pembayaran menggunakan kartu kredit (dan akun PayPal) di mana saja dan kapan saja.

Bedanya, Square saat ini masih fokus untuk menggarap pasar USA, sementara PayPal Here sudah berani untuk memasuki pasar global, termasuk Asia Pasifik dalam jangka waktu 12-18 bulan ke depan.

Seperti dikutip dari The Jakarta Globe, SVP PayPal untuk Asia Pasifik, Rupert Keeley, menyebutkan mereka sangat senang menjadi yang pertama di Asia Pasifik dalam bisnis ini dan menyasar pasar UKM. Australia dan Hong Kong akan menjadi yang pertama untuk mencoba produk ini dan berikutnya akan menyebar ke berbagai negara, termasuk Cina. PayPal sendiri memiliki kantor pusat regional di Singapura.

Bagaimana dengan pasar Indonesia? Keeley menyebutkan bahwa Indonesia dengan potensi 240 juta warganya memang atraktif. Tapi nampaknya Keeley tidak menjanjikan ketersediaan PayPal Here dalam waktu dekat di sini. Hal ini saya pikir cukup beralasan mengingat  meskipun PayPal sudah menerima dengan bebas kartu kredit dari Indonesia, scope pasarnya mungkin masih belum sebesar negara maju lainnya di kawasan Asia Pasifik. Penetrasi kartu kredit (sebagai basis pendaftaran akun PayPal) di Indonesia juga masih belum begitu besar.

Menurut data BI, ada sekitar 14 jutaan kartu kredit yang beredar di tahun 2011. Pertumbuhannya diperkirakan akan menurun di tahun 2012 ini karena BI memperketat syarat kepemilikan kartu kredit. Pemohon kartu kredit minimal harus memiliki pendapatan 3 juta per bulan dan pendapatan di bawah 10 juta per bulan hanya boleh memiliki maksimal dua kartu dari provider yang berbeda.

Potensi penggunaan alat seperti ini sangat besar karena menurut AllThingsD, Square telah melayani transaksi hingga total $4 miliar setahunnya. Fee yang dipotong oleh PayPal Here adalah 2.7%, sedikit lebih rendah ketimbang Square yang menarik 2.75%. PayPal Here sendiri sementara ini baru akan hadir untuk iPhone, sedangkan versi untuk Android-nya baru mulai akan dikerjakan bulan depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again