Internet
for SEO
Internet

PasarCepat Hadirkan Marketplace Berbasis Lokasi, Tawarkan Jaminan Keamanan Transaksi

6 May 2014DailySocial

Walau terkesan “jadul”, transaksi online dengan metode Cash On Delivery(COD) hingga saat ini masih diminati oleh sekian banyak konsumen online di tengah-tengah bertumbuhnya industri e-commerce lokal. Padahal, kendala dari metode tersebut cukup banyak, seperti salah satunya adalah jarak antara penjual dan pembeli yang tak jarang saling berjauhan. Untuk meminimalisir kendala tersebut, situs marketplace PasarCepat hadir menawarkan layanan pencarian iklan berbasis lokasi, layanannya bisa dimanfaatkan jika konsumen ingin COD namun tak ingin pergi jauh dari rumah.

Kehadiran PasarCepat mungkin saja bisa menjadi solusi terbaik bagi konsumen yang saat ini masih nyaman dengan metode transaksi COD. Pasalnya, PasarCepat menyediakan fasilitas marketplace yang mendeteksi kecocokkan lokasi antara pembeli dan penjual, sehingga bagi pembeli dapat dengan mudah menghampiri penjual yang lokasinya berdekatan. Layaknya situs marketplacepada umumnya, berbagai jenis barang dan jasa tentu dapat diiklankan dalamplatform-nya secara gratis.

Dengan fitur utamanya yang berbasis lokasi, PasarCepat mengharuskan penggunanya untuk mengatur lokasi ketika pertama kali mendaftar. Setelah memasukkan lokasi yang valid, secara otomatis PasarCepat akan mengkurasi iklan-iklan dagangan apa saja yang berdekatan dengan lokasi pengguna. Awalnya pengguna ditawari iklan secara acak, namun untuk lebih menyempurnakan, pengguna bisa pula memanfaatkan fungsi pencarian cepat yang disematkan.

PasarCepat juga melengkapi layanannya dengan menampilkan informasi yang lengkap dari penjual. Selain informasi keterangan umum barang atau jasa yang diiklankan, lokasi penjual juga ditampilkan secara informatif, seperti misalnya jarak estimasi penjual, hingga peta lokasi penjual secara detail dengan memanfaatkan API Google Map juga ditampilkan.

PasarCepat mengklaim, layanannya menawarkan keuntungan yang mungkin bisa mengungguli situs marketplace lainnya. Fungsi pencocokkan lokasi dianggapnya bisa meminimalisir tindakan penipuan yang masih kerap terjadi pada layanan marketplace. Walau tak menjamin keamanan secara penuh, setidaknya dalam PasarCepat pembeli bisa melakukan cek dan ricek lokasi penjual terlebih dahulu sebelum bertransaksi.

Apa yang ditawarkan oleh PasarCepat bisa dikatakan tidak sepenuhnya baru, situs marketplace yang ada di Indonesia seperti TokoBagus, Kaskus FJB, BukaLapak, Berniaga, dan sebagainya sama-sama memiliki fitur pencarian iklan yang bisa di-filter dengan pencarian berdasarkan lokasi, walau begitu sebagai pemain baru yang melayani marketplace, hanya baru PasarCepat yang memang fokus dalam pencarian iklan berdasarkan lokasi dengan menghadirkan fitur yang lengkap.

Melihat persaingannya dengan banyak situs marketplace lainnya, PasarCepat memiliki potensi perjalanan yang tak mudah. Tentu bukan perkara yang enteng untuk menggungguli banyak kompetitornya, selain saat ini industri marketplace tengah didominasi oleh nama-nama yang disampaikan tadi, investasi jangka panjang bagi PasarCepat juga dibutuhkan mengingat layanan marketplaceberbeda dengan e-commerce yang memiliki metode bisnis B2C, sedangkan bagimarketplace lebih mengarah kepada C2C.

Saat ini, PasarCepat masih dalam status beta di mana masih terdapat beberapa penyempurnaan dalam layanannya. Dalam waktu ke depan, rasanya sangat tidak cukup bagi PasarCepat jika hanya mengandalkan layanan yang difokuskannya kini, masih banyak cara yang dapat dilakukan jika ingin meningkatkan keamanan transaksi bagi pelanggan online, dan tentu kami sangat menginginkan hal tersebut dapat terwujud tidak hanya bagi PasarCepat, namun juga bagi banyak situs marketplace lainnya.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.

Play video

4 July 2022

Ini Alasan realme Rilis Banyak Varian realme GT Neo 3 #quickquery

realme belum lama ini hadirkan smartphone terbaru realme GT Neo 3. Ponsel ini hadir dalam beberapa varian. Simak alasan ...

Others from #HybridTV