Gadget News

Pasar Gaming AMD Kian Kuat di Eropa dan Pengguna Steam

06 Dec 2019 | Yabes Elia

Pasca rilisnya microarchitecture Zen di 2017, AMD semakin ganas menunjukkan taringnya melawan dominasi Intel di pasaran. Sebelumnya, di akhir Q3 2019, AMD berhasil memperoleh market share sebesar 30%. Angka tadi mengagumkan karena menunjukkan pertumbuhan sebesar 70% dari 2017.

Sumber: CPU Benchmark
Sumber: CPU Benchmark

Lebih hebatnya lagi, menurut salah satu data dari penjual retail terbesar di Jerman, AMD berhasil mengalahkan penjualan Intel bahkan sebesar 4x lipat.

Sumber: Ingebor via Imgur
Sumber: Ingebor via Imgur

Cerita keperkasaan pertumbuhan pasar gaming AMD di akhir tahun ini masih belum berhenti. Sebuah survei independen dari European Hardware Association (EHA) menunjukkan peningkatan popularitas sebesar 50% dalam 2 tahun terakhir. Survey terakhir mereka yang melibatkan lebih dari 10 ribu responden menunjukkan bahwa 60% pengguna akan memilih AMD saat ingin membeli prosesor desktop mereka selanjutnya.

“AMD mendapatkan momentum besar dalam tiga tahun terakhir di segmen enthusiast,” kata Chairman EHA Koen Crijns. “Dengan CPU seri Ryzen, AMD berhasil menutup jarak performa yang besar, sembari menawarkan rasio harga/performa yang tinggi.”

Sebelumnya, dalam survey EHA yang sejenis di tahun 2018, hanya 40% yang memilih AMD. Sedangkan pada survey Mei 2019, hasilnya meningkat menjadi 50%.

Sumber: European Hardware Association
Sumber: European Hardware Association

“Kenaikan 50% ke 60% selama beberapa bulan terakhir disebabkan oleh peluncuran CPU Ryzen generasi ketiga. Ryzen seri 3000 tak hanya menawarkan performa yang lebih baik pada workload multi-threading tetapi juga pada aplikasi yang butuh thread sedikit seperti game PC.” Ujar Crijns.

Sentimen yang positif juga ditunjukkan oleh GPU AMD.

Crijns pun melanjutkan, “meski NVIDIA masih mendominasi segmen ini dan 72,8% dari technology enthusiast, early adopter, dan influencer yang membaca publikasi dari EHA masih memilih GeForce, peluncuran GPU AMD dengan harga yang agresif seperti RX 5700 dan 5700 XT memberikan dampak yang cukup signifikan. Pada bulan Mei 2019, kurang dari 19% pembaca memilih AMD. Sekarang, angka tersebut beranjak jadi 23%.”

Sumber: Steam
Sumber: Steam

Selain sentimen positif tadi, hasil yang sama terlihat juga dari Steam Hardware & Software Survey: November 2019. Menurut survey tersebut, pengguna AMD saat ini sudah mencapai angka 20% — lonjakan yang fantastis dibanding 2 tahun yang lalu. Pasalnya, pengguna prosesor AMD di Januari 2018 hanyalah 8%. Peningkatan drastis baru terlihat di bulan Juni 2018 saat angkanya mencapai 16%.

Sayangnya, tren yang sama tak terjadi untuk GPU mereka. Pengguna GPU AMD masih bertahan pada angka 15% dengan RX 580 dan 570 yang jadi GPU terlaris dari Radeon.