21 June 2022

by Glenn Kaonang

ParaSwap Luncurkan Aplikasi Trading NFT dengan Mekanisme Peer-to-Peer

Di aplikasi ParaSwap, penjual dan pembeli NFT dapat bertransaksi menggunakan token pilihan mereka masing-masing

ParaSwap, agregator decentralized exchange asal Perancis, baru-baru ini mengumumkan peluncuran aplikasi mobile-nya untuk platform iOS. Selain untuk memudahkan pengguna mengakses data harga crypto terbaik di deretan DEX secara real-time, aplikasi ParaSwap ini menyimpan satu fitur yang cukup inovatif, yaitu fitur trading NFT secara peer-to-peer (P2P).

Fitur ini pada dasarnya memungkinkan para penjual NFT untuk membuat custom listing atas koleksi NFT-nya yang kemudian bisa dikirimkan ke pembeli. Dengan memanfaatkan engine DEX milik ParaSwap sebagai infrastruktur backend, pihak penjual dan pembeli bisa bertransaksi menggunakan token pilihan mereka masing-masing.

Semua transaksi NFT di ParaSwap tidak akan dikenai gas fee sebelum dieksekusi. Dalam tiga minggu pertama, ParaSwap bahkan bakal mengembalikan (refund) semua gas fee yang pengguna bayarkan, kecuali untuk transaksi di jaringan Ethereum. Untuk pengguna baru yang belum terlalu familier dengan crypto, mereka juga dapat memanfaatkan integrasi layanan fiat on-ramp milik Ramp, sehingga mereka bisa langsung membeli crypto tanpa perlu meninggalkan aplikasi.

Satu hal yang cukup menarik adalah pemilihan platformnya. iOS bukanlah platform pilihan nomor satu buat marketplace NFT. Alasannya sederhana: Apple memberlakukan potongan 30% untuk setiap transaksi in-app purchase, dan itu juga termasuk untuk penjualan NFT di marketplace. Inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa pengguna tidak bisa membeli NFT dari aplikasi OpenSea di perangkat iOS.

ParaSwap di sisi lain masuk ke kategori yang berbeda. Karena transaksinya pada dasarnya cuma melibatkan pertukaran token, maka itu tidak bisa diklasifikasikan sebagai pembelian, sehingga pada akhirnya tidak ada potongan biaya 30% yang harus dibayarkan ke Apple.

Aplikasi ParaSwap saat ini baru berstatus open beta, dan ParaSwap telah membuka pendaftaran untuk 10.000 penguji. Untuk bisa mendapatkan slot waitlist, penguji tidak perlu menjadi pemegang token PSP milik ParaSwap, melainkan cukup untuk aktif berpartisipasi di media sosial.

Sumber: CoinDesk dan ParaSwap.