11 April 2017

by Bambang Winarso

Panggilan Suara Google Duo Digulirkan Secara Global

Fitur ini memudahkan komunikasi di situasi tertentu dan di cakupan jaringan yang lemah

Google Duo sengaja dibuat untuk menjadi lawan bagi Apple FaceTime dan Skype. Aplikasi ini menawarkan fitur panggilan video dengan sejumlah polesan yang membuatnya diklaim lebih menarik, mudah dan cepat. Bahkan beberapa saat yang lalu pengembang di belakang Duo resmi meluncurkan pula fitur panggilan suara sebagai alternatif video. Kabar baiknya, kemarin waktu setempat Google resmi menghadirkan fitur tersebut untuk semua pengguna global, bukan lagi terbatas pada negara tertentu saja.

Kehadiran fitur panggilan suara tanpa gambar ini tentu sebuah tambahan yang menggembirakan bagi pengguna setia Duo. Karena kini pengguna tidak harus memegang ponselnya menghadap ke wajah terutama ketika berada dalam situasi yang tidak memungkinkan. Atau ketika pengguna sedang tidak ingin orang lain melihat wajahnya tanpa harus memutus obrolan atau menutup lensa kamera.

Berikutnya, fitur panggilan suara juga menawarkan kelebihan dalam hal besaran konsumsi data. Tak dipungkiri panggilan video membutuhkan lebih banyak data untuk dibakar. Berbeda dengan panggilan suara yang relatif lebih hemat, di samping mempertimbangkan soal cakupan jaringan yang memadai. Panggilan suara relatif tidak membutuhkan jaringan sekelas 4G LTE, cukup dengan 3G pengguna sudah bisa ngobrol tanpa putus.

Kehadiran panggilan suara juga diharapkan dapat membantu mendorong ketertarikan pengguna terhadap Duo. Sejak dirilis beberapa saat yang lalu, baik Duo ataupun Allo belum menunjukkan peningkatan popularitas yang cukup berarti. Sejauh ini angka unduhan keduanya masih mentok di antara 10 juta – 50 juta unduhan.

Sumber berita PhoneArena.

Application Information Will Show Up Here