18 January 2016

by Aditya Daniel

[Panduan Pemula] Tips Menghapus Kontak di Perangkat iOS

Tips berikut bisa Anda gunakan di iPad dan iPod Touch juga

Di era kemajuan teknologi digital seperti sekarang ini, menyimpan kontak tentang seseorang sudah dipermudah. Dengan menggunakan smartphone, penyimpanan kontak kini bisa dilakukan tanpa batas. Detail kontak yang dapat disimpan pun lebih beragam mulai dari email, alamat hingga data penting lainnya.

iOS sebagai salah satu platfom sistem operasi pintar tentu memiliki aplikasi Kontak. Lewat aplikasi ini Anda bisa menyimpan data penting terkait informasi atas seseorang.

Fungsi dan cara penggunaan aplikasi Kontak di iOS pun masih seperti aplikasi pendahulunya, meski semenjak iOS 7 Apple menjadikan interface sistem operasinya itu lebih datar. Kontak selain untuk menyimpan juga dapat Anda gunakan untuk mengorganisir data yang tersimpan.

Anda bisa mengelompokkan kontak yang tersimpan ke dalam beberapa grup, menandai sebagai favorit agar gampang dicari dan diakses. Namun salah satu fungsi yang masih agak tersembunyi adalah menghapus kontak di iOS.

Menyimpan kontak di iOS adalah perkara mudah, namun tidak dengan menghapusnya. Menghapus sebuah kontak di iOS tidak bisa dilakukan dengan melakukan swipe ke kiri dari daftar yang ada. Anda perlu sedikit trik dan langkah tambahan untuk dapat menghapus kontak di perangkat iOS.

Nah, jika Anda ingin menghapus kontak di iOS, ini panduan pemulanya:

  1. Buka aplikasi Kontak di iOS
  2. Dari daftar kontak yang ada, tap pada salah satu kontak yang akan dihapus
  3. TapEdit pada bagian atas kanan layar
  4. Selanjutnya scroll ke bawah dan tapDelete Contact, konfirmasi dengan tombol Delete Contact dari pop-up yang muncul.

Ya, di iOS Anda hanya bisa menghapus kontak satu persatu. Mungkin saja Apple sengaja 'mempersulit' cara menghapus kontak agar pengguna terhindar dari kehilangan kontak yang tak disengaja.

Saya sendiri berharap Apple akan menaruh sedikit perhatian atas aplikasi Kontak lebih di iOS 10 (saat dirilis nanti). Bagaimana menurut Anda? Apa Anda mengalami kesulitan dalam menghapus kontak di perangkat iOS?

Jika Anda punya pertanyaan seputar mengorganisir ataupun menghapus kontak pada perangkat iOS, silakan ajukan di kolom Ask The Expert atau di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Gambar header: iPhone 6 via Shutterstock.