Dark
Light

[Panduan Pemula] Step by Step Memasang Iklan di Facebook

2 mins read
May 21, 2014

Pengguna aktif harian Facebook per Desember 2013 mencapai 757 juta orang, atau rata-rata 1.23 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Untuk wilayah Indonesia, per Januari 2013 telah menembus angka 50 juta pengguna, tepatnya 50,583 juta atau 80% dari total pengguna internet.

Tak heran jika Facebook dipilih sebagai lahan memasang iklan. Sobat yang punya bisnis dan ingin menggenjot omset dengan berpromosi, tak salah jika berencana mempromosikan produknya via Facebook. Tapi sobat TRL sudah tahu belum cara memasang iklan di Facebook? Jika belum, coba nih ikuti cara memasang iklan di Facebook yang sudah TRL siapkan.

  • Masuk ke akun Facebook Anda terlebih dahulu, kemudian temukan menu Advertising atau Create an ad atau bisa langsung klik tautan ini. Setelah itu klik tombol Create an Ad.

cara pasang iklan di Facebook

  • Selanjutnya pilih model kampanye iklan yang Anda inginkan, ada banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan rencana promosi Anda. Dalam contoh kasus ini saya pilih Clicks to Website, untuk mendapatkan pengunjung langsung ke web.

 

Info Menarik: Inikah Spesifikasi Nokia X2?

cara pasang iklan di Facebook

 

  • Di halaman berikutnya Anda diminta untuk memasukkan URL web yang ditargetkan, biarkan sistem memproses URL Anda sampai kemudian Anda dihantarkan ke halaman selanjutnya.

cara pasang iklan di Facebook

  • Di halaman baru ini, Anda akan temukan gambar yang terbaca oleh sistem, jika belum unggah gambar yang tepat terlebih dahulu. Di bagian bawah Anda bisa isi headline dan deskripsi iklan, di sini Anda harus perhatikan unsur-unsur yang menggugah dan menarik sehingga target promosi merasa tertarik untuk melakukan klik.

cara pasang iklan di Facebook

Info Menarik: Tokobagus Berganti Nama Menjadi OLX Indonesia

  • Masih di halaman yang sama, sekarang pasang target iklan yang diinginkan. Ada beberapa opsi yang harus Anda lengkapi, isi kotak Location dengan Indonesia. kotak Age tentukan saja berapa usia target yang kira-kira masuk dalam cakupan konten. Jenis kelamin, pendidikan dan minat target iklan. Di bagian ini Anda harus jeli melihat pasar yang Anda tuju, jika produk yang Anda jual adalah gadget, maka pastikan minat yang Anda pilih mencakup kategori tersebut.

cara pasang iklan di Facebook

  • Setelah target iklan terisi dengan benar, sekarang isi negara, mata uang dan juga zona waktu Anda. Di bagian selanjutnya Anda isikan dengan dana yang disediakan untuk menayangkan iklan. Minimal $1 per hari, maksimal tidak terbatas. Untuk bagian Schedule, Anda bisa memilih opsi terus tanpa batasan waktu atau menentukan rentang waktu tertentu saja.

cara pasang iklan di Facebook

  • Jika semua opsi sudah terisi, klik tombol Review Order untuk kembali memeriksa iklan, atau jika sudah yakin benar langsung klik Place Order.

cara pasang iklan di Facebook

Info Menarik: Office Makin Populer di iPad, Bagaimana Nasib Surface?

  • Khusus di bagian terakhir ini, Anda mungkin akan menemukan tampilan yang berbeda dengan di tutorial ini, terutama apabila Anda baru pertama kali memasang iklan di Facebook. Biasanya, saat mengklik Review Order Anda akan menemukan 3 opsi pembayaran yaitu via kartu kredit, PayPal dan voucher. Pilih salah satu dan setelah langkah ini selesai baru iklan akan direview oleh tim Facebook sebelum dapat ditayangkan.

cara pasang iklan di Facebook

Ada pula beberapa hal yang perlu saya tambahkan, yang pertama jika Anda tidak dapat menemukan opsi pembayaran PayPal, maka pastikan Anda ubah dahulu mata uang Anda ke US Dollar atau mata uang lain yang diterima oleh PayPal. Kedua, khusus untuk PayPal proses pembayaran sama dengan sistem pembayaran kartu kredit, sedangkan via voucher Anda harus terlebih dahulu membeli kode voucher dari pihak ketiga.

Terakhir, iklan tidak selalu dapat ditayangkan oleh Facebook, sebelum tayang iklan akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu yang prosesnya bisa memakan waktu yang berbeda, kadang hanya 5 menit tetapi terkadang sampai berjam-jam lamanya.

Itu dia cara memasang iklan di Facebook yang bisa sobat praktekkan, sobat TRL yang punya pengalaman memasang iklan di Facebook boleh kok memberikan tambahan agar artikel ini makin sempurna. Selamat mencoba ya.

10 Comments

  1. tutorial ini sudah bisa jadi pengenalan awal, tapi memang belum 100% komplet.
    masih ada banyak hal yang perlu dipelajari, tapi itu hanya bisa dilakukan sambil jalan. Artinya, mas kudu nyemplung supaya tahu seberapa dalam sih dasarnya.

  2. tutorial ini sudah bisa jadi pengenalan awal, tapi memang belum 100% komplet.
    masih ada banyak hal yang perlu dipelajari, tapi itu hanya bisa dilakukan sambil jalan. Artinya, mas kudu nyemplung supaya tahu seberapa dalam sih dasarnya.

  3. Saat memasukkan URL pihak facebook menolak mepostingkan kenapa ya? Saya sdh berulangkali tapi facebook tetap menolak sehinggkan iklan saya tak bisa ditayangkan

  4. Saat memasukkan URL pihak facebook menolak mepostingkan kenapa ya? Saya sdh berulangkali tapi facebook tetap menolak sehinggkan iklan saya tak bisa ditayangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tahukah Anda, Pembuat Candy Crush Ternyata Lebih Kaya Dibanding Para Pencipta GTA

Next Story

Aplikasi Android Ini Akan Membacakan Berita Untuk Anda Dari Sumber-Sumber Terpilih

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut