21 December 2016

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Membuat Acara (Event) di Facebook Android

Acara di Facebook juga dapat difungsikan sebagai undangan digital, dapat menjangkau teman dan kerabat secara gratis

Event atau acara merupakan salah satu fitur asli yang ada di jejaring sosial Facebook. Meski kini telah hadir versi aplikasi mandirinya, namun Event masih dapat Anda jumpai di aplikasi Facebook baik di platform Android ataupun iOS.

Nah, jika Anda masih menggunakan aplikasi utama Facebook, Anda masih bisa membuat acara atau event dari smartphone. Berikut tutorial lengkapnya yang bisa Anda ikuti.

  • Jalankan aplikasi Facebook di perangkat Android Anda, kemudian tap tombol menu di sebelah kanan atas dan tap Events.

  • Saat halaman Events terbuka, tap tombol ikon event di sebelah kanan bawah untuk menambah acara baru.

  • Berikutnya silahkan lengkapi rincian acara yang hendak Anda buat. Jika semua sudah terisi, tap menu Next. Oya, pastikan acara Anda adalah event Publik, bukan Private.

 

  • Saat tombol next disentuh, Anda akan melihat sebuah pesan seperti gambar di bawah ini. Tap saja pesan tersebut untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

  • Sekarang silahkan pilih kapan acara yang Anda buat akan diterbitkan, apakah langsung diterbitkan sekarang, terjadwal atau disimpan sebagai konsep.

  • Anggaplah Anda ingin menerbitkan acara di hari tertentu (terjadwal), maka selanjutnya tap tombol Schedule.

  • Selesai, acara/event sudah berhasil dibuat. Selanjutnya di panel tersebut Anda bisa meng-edit, menerbitkan sekarang, mengubah jadwal atau menghapus acara jika dirasa sudah tidak diperlukan.

Membuat acara di aplikasi utama Facebook sebenarnya tak jauh berbeda dengan pembuatan acara di aplikasi mandirinya. Tapi, jika Anda sering membuat acara dan berkeinginan menjadikan Facebook sebagai ajang promosi, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi terpisah yang dapat Anda unduh di Play Store.

Sumber gambar header Sproutsocial.

Application Information Will Show Up Here