Gaming News

Panduan Dasar Operator Rainbow Six Siege, Iana dan Oryx

16 Mar 2020 | Akbar Priono
Update Operation Void Edge menawarkan dua operator baru. Penasaran bagaimana kemampuannya? Berikut panduan dasar Operator Rainbow Six Siege, Iana dan Oryx

Beberapa waktu yang lalu Rainbow Six Siege merilis Operation Void Edge, sebuah update baru yang menghadirkan berbagai perubahan mekanik dan konten baru. Dari sisi konten, Operation Void Edge menawarkan dua operator baru, yaitu Iana dan Oryx. Ingin tahu lebih lengkap seputar kedua operator tersebut? Berikut panduan dasar Iana dan Oryx Rainbow Six Siege

Operator Attacker – Iana (Nienke Meijer)

Dari sisi cerita, operator ini diceritakan sebagai seorang perempuan yang lahir di Belanda pada 27 Agustus 1985. Memiliki nama asli Nienke Meijer. Ibunya adalah insinyur yang memimpin proyek luar angkasa di dunia Rainbow Six. Maka dari itu sejak kecil ia sudah didorong untuk mempelajari Aerospace Engineering, agar di masa depan ia dapat menjadi pilot pesawat tempur.

Sayang, terlahir albino membuat retina matanya memiliki kekurangan, membuat ia tidak bisa menjadi pilot. Namun demikian hal ini tidak menghentikan ia untuk terus berkembang. Ia jadi belajar Systems Engineering, membuat lensa kontak untuk memperbaiki kemampuan visualnya, mengintegrasikan dengan teknologi AR, dan membuat Gemini Replicator.

Special Ability – Gemini Replicator

Berkat kepintarannya ia membuat sebuah gadget bernama Gemini Replicator, yang menjadi Special Ability Iana di dalam Rainbow Six: Siege. Ketika diaktifkan, Iana akan menerbangkan dan mengendalikan pesawat drone pengintai kecil yang ditambahkan proyeksi AR berwujud dirinya sendiri.

Gemini Replicator punya wujud sesuai dengan Skin dan Loadout yang dipilih dan dapat melakukan gerakkan apapun kecuali melakukan serangan melee ataupun menembak. Saat mengaktifkan Gemini Replicator, Iana akan tetap berdiri di tempat, persis seperti saat mengendalikan Drone.

Loadout

Sumber: Rainbow Six Official Sites
Sumber: Rainbow Six Official Sites

Merupakan Operator Attacker, Iana adalah karakter yang balance dengan Armor dan Speed sebesar 2 poin. Ia memiliki dua pilihan senjata utama berupa Assault Rifle yang menjadi favorit dari para pemain Rainbow Six: Siege, yaitu ARX200 dan G36C. Lalu untuk senjata skunder ia memiliki pistol MK1 9mm. Dari segi peralatan, ia memiliki Frag Grenade dan Smoke Grenade.

General Tips

Satu hal yang pasti, secara alami Gemini Replicator adalah alat untuk Intel-Gatherer atau mengumpulkan informasi. Jadi alih-alih menggunakan Drone biasa, Anda bisa menggunakan Gemini Replicator untuk mencari informasi keberadaan musuh. Jika beruntung, Anda bisa memancing musuh keluar, yang bisa langsung disambut oleh rekan Anda yang bersiap untuk melakukan Crossfire.

Operator Defender – Oryx (Saif Al Hadid)

Lahir 3 Juni 1975, Oryx tinggal di sebuah kota kecil yang berdekatan dengan markas Angkatan Udara. Kehidupan masa kecilnya normal-normal saja, sampai akhirnya ia menghilang dari catatan data internasional selama lebih dari 15 tahun. Sempat muncul untuk sesaat di Jordan, namun menghilang lagi setelah ia mendapatkan paspor barunya. Setelah itu, ia terlihat selama sesaat di beberapa kota. Ia terllihat belajar gulat di Istanbul, Muay Thai di Bangkok, berkendara taktis di Berlin, dan menembak di Damascus. Kabarnya, semua hal itu ia lakukan karena dibiayai oleh instansi militer swasta.

Special Ability – Remah Dash

Berkat latihannya, fisik Oryx amatlah kuat. Remah Dash merupakan kemampuan spesial Oryx. Sederhananya ia bisa menerjang, menghantam, lalu menghancurkan Obstacle. Namun, tak semua Obstacle bisa ia hancurkan. Remah Dash hanya bisa menghancurkan Soft Wall, Barricades, dan Armor Panel milik Castle.

Tapi jangan sesumbar, karena setiap menghantam Obstacle, HP Oryx akan berkurang 10 poin. Jika ia hanya punya 10 HP, maka ia akan terkena Injure, atau mati jika sempat Injure sebelumnya. Tak hanya itu Remah Dash juga bisa membuat semua jenis Operator Attacker terjatuh, bahkan termasuk Montagne yang punya Extendable Shield. Tak hanya itu, karena fisiknya yang kuat Rema Dash juga bisa digunakan untuk memanjat Hatch yang telah terbuka.

Loadout

Sumber: Rainbow Six Official Sites
Sumber: Rainbow Six Official Sites

Karena fisiknya yang sangat atletis, Oryx juga merupakan Operator Defender yang berimbang dengan dua poin pada Armor serta Speed. Punya dua pilihan senjata utama yang berlaras pendek. Pilihan pertama adalah Shotgun semi-otomatis SPAS-12, sementara pilihan keduanya adalah SMG MP5. Untuk senjata sekunder, ia punya pilihan berupa pistol BALIFF 410 yang bisa membantuk membuka lubang rotasi dan pistol USP40. Dari segi perangkat tambahan ia punya Barbed Wire dan Bulletproof Camera.

General Tips

Kemampuan Oryx memanjat Hatch bisa sangat berguna untuk melakukan Flanking. Jadi pastikan kalian memanfaatkan hal tersebut, namun sambil tetap waspada terhadap Flank Watcher dari tim Attacker. Walau menembus Soft Wall terlihat keren, namun nyatanya Remah Dash bisa membuat Oryx bergerak lebih cepat. Jadi kemampuan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk melakukan rotasi cepat.

Terakhir, yang paling spesial adalah kemampuan Oryx untuk menabrak dan menjatuhkan Operator dengan Shield. Jadi jangan lupa gunakan Operator ini jika Anda melawan Operator seperti Montagne, Blitz, atau Fuze. Kombinasikan dengan Shotgun semi-otomatis, SPAS-12, juga akan membuat Oryx jadi semakin mematikan.

Kurang lebih itu dia panduan dasar dua operator terbaru Rainbow Six Siege, Iana dan Oryx. Jangan lupa untuk memantau situs Hybrid.co.id dan follow akun media sosial Hybrid di TwitterFacebookInstagram, dan YouTube untuk informasi lainnya seputar Rainbow Six Siege.