Dark
Light

Panduan Backup Data Gmail dengan Backupify

1 min read
July 27, 2013

Data email sama pentingnya dengan isi dompet, banyak sekali informasi dan data yang tersimpan di dalam email terlebih setelah digunakan bertahun-tahun. Email seringkali digunakan untuk pendaftaran layanan gratis hingga pendaftaran toko online saat membeli barang. Saya sendiri banyak menyimpan berbagai data penting di dalam email dan terkadang merasa was-was jika terjadi sesuatu yang berujung kehilangan data-data tersebut.

Tetapi kemudian saya temukan layanan cloud yang menawarkan fitur backup akun Gmail bernama Backupify. Sobat harus coba layanan web ini, kalau tidak mau yang berbayar sobat bisa jajal yang gratisan. Akun gratis diberikan ruang penyimpanan sebesar 1GB dan jadwal backup seminggu sekali. Prosesnya tidak sulit, saya akan berikan panduan step by stepnya agar sobat TRL bisa mengikuti.

  • Langkah pertama sobat silahkan daftar dulu di halaman Backupify. Pilih paket MyCloud Personal – Free.

  • Isi data diri sobat lalu klik tombol Create Account.

 

  • Nah di halaman ini ada beberapa layanan yang juga bisa di-backup, tetapi karena kita akan mem-backup Gmail maka pilih layanan Google dan klik add service.

  • Kemudian klik saja tombol Authorize Backupify on Google untuk memberikan otorisasi akses.

  • Klik tombol Grant Access untuk melanjutkan.

  • Setelah itu Anda akan kembali ke halaman akun Backupify di mana kini terdapat beberapa tab berisi layanan Google seperti Mail, Drive, Calencer, Contact dan lain-lain. Langkah Anda selanjutnya mengklik tab Mail. Nah di tab inilah email Anda akan di-backup secara otomatis seminggu sekali.

  • Tapi jika sobat ingin mengunduh file backup secara manual, gampang sekali. Klik saja tombol Export dan klik tombol Yes untuk mengkonfirmasi permintaan. Proses export akan berlangsung selama 2 hari, setelah selesai Anda akan mendapatkan pemberitahuan via email.

  • Sebaliknya jika sobat kehilangan salah satu atau beberapa data email dan ingin melakukan restore, caranya juga gampang sekali. Klik tombol Restore dan klik lagi tombol yes jika dimintai konfirmasi. Setelah proses restore selesai, email yang hilang akan muncul kembali di Gmail Anda sesuai dengan data backup terakhir dari Backupify.

Sekarang sobat TRL tak harus khawatir jika terjadi sesuatu dengan akun Gmail sobat, karena backupify secara otomatis akan membackup semua email setiap seminggu sekali. Bagi yang mau belum coba, silahkan daftar sekarang.

Inspirasi artikel: neowin dan sumber gambar header2j architecture/Shutterstock..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

[Dailyssimo] Pentingnya Menjalankan Media Sosial Secara Terintegrasi

Next Story

Top 5 Market Share Smartphone Q2 2013 Menurut IDC, Samsung Memimpin Kalahkan Apple

Latest from Blog

Don't Miss

Google Bagikan Trik untuk Mengatur Pekerjaan di Gmail Lebih Optimal

Bagi kalangan pekerja digital, berkomunikasi melalui email masih menjadi salah

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang