Internet
for SEO
Internet

Paket Khusus Pelajar Apple Music Kini Sudah Tersedia di Indonesia

15 February 2018Glenn Kaonang

Pelajar perguruan tinggi hanya perlu membayar Rp 29 ribu per bulan untuk menjadi pelanggan

Sejak diluncurkan di pertengahan tahun 2015, Apple Music sudah berhasil menggaet sekitar 36 juta pelanggan berdasarkan laporan dari Wall Street Journal. Jumlahnya memang baru separuh pelanggan Spotify (70 juta), namun tetap terdengar impresif kalau melihat umur Apple Music yang belum tiga tahun.

Dalam laporan yang sama, WSJ juga bilang bahwa pertumbuhan pengguna Apple Music lebih cepat dibanding Spotify (5% vs 2% per bulan), setidaknya di Amerika Serikat. Secara global, kemungkinan pertumbuhannya bisa kian cepat lagi dengan hadirnya paket berlangganan khusus pelajar (perguruan tinggi).

Paket khusus mahasiswa dan mahasiswi ini sebenarnya sudah ada sejak pertengahan 2016, tapi kala itu baru di beberapa negara saja. Belum lama ini, chief editor iMore, Rene Ritchie, melaporkanvia Twitter bahwa paket pelajar tersebut sudah merambah 79 negara baru, plus tiga lagi di akhir Februari nanti. Kabar ini juga telah dikonfirmasi oleh perwakilan Apple kepada Engadget.

Apple Music student discount

Beruntung Indonesia juga kebagian. Dengan paket pelajar ini, pelanggan hanya perlu membayar tarif Rp 29 ribu per bulannya selama 48 bulan ke depan – lebih murah Rp 20 ribu dari paket standarnya. Spotify di saat yang sama juga menawarkan paket khusus pelajar seharga Rp 25 ribu.

Bagaimana cara Apple tahu bahwa Anda benar-benar sedang kuliah di suatu perguruan tinggi? Apple memanfaatkan layanan bernama UNiDAYS untuk melakukan validasi. Dari pantauan saya, sudah ada cukup banyak perguruan tinggi tanah air yang terdaftar di UNiDAYS (calon pelanggan cukup memilih salah satu saat mendaftar), dan sistem akan memverifikasinya secara otomatis.

Berhubung saya sudah lulus, saya tidak berkesempatan mencobanya. Terlepas dari itu, kehadiran paket pelajar ini semakin melengkapi fitur yang ditawarkan Apple Music di Indonesia. Yang masih belum ada sampai saat ini adalah paket tahunan yang tarifnya setara tarif standar selama 10 bulan.

Sumber: Engadget.

Play video

21 May 2022

Quick Querry: Kelebihan Huawei FreeBuds SE??

Apa aja sih kelebihan Huawei FreeBuds SE? Buat ulasan lebih lengkapnya, sila cek link ini: ...

Others from #HybridTV