23 March 2016

by Oki Rosgani

Pabrik OPPO di India Siap Telurkan 1 Juta Unit Smartphone 4G Perbulan

Kendati akan dijual di pasar india, namun proses desainnya dilakukan di Tiongkok

Produsen smartphone asal Tiongkok, OPPO, telah memiliki sebuah rencana besar. Pihaknya tengah berencana untuk membangun salah satu pabriknya di kawasan NOIDA (New Okhla Industrial Development Authority), kawasan industri di India, yang nantinya dapat memproduksi 1 juta unit smartphone berkemampuan 4G tiap bulannya.

Seperti yang kami rangkum dari situs AndroidCentral, niatan itu telah diungkapkan oleh Mike Wang, CEO OPPO untuk kawasan India, dimana ia telah mengatakan kepada Economic Times bahwa pihaknya akan memproduksi smartphone berkemampuan 4G yang dibanderol di kisaran harga 10,000 - 20,000 rupee (atau setara dengan Rp. 1,9 - Rp.3,9 jutaan) namun demikian Wang belum mengungkapkan spesifikasi detail dan nama model dari smartphone tersebut.

Smartphone-smartphone itu akan diproduksi dan dijual di kawasan India, namun proses desainnya sendiri akan dilakukan di Tiongkok. Karena smartphone itu akan dipasarkan di kawasan India, maka akan ada kustomisasi konten yang disesuaikan dengan negara tersebut, pihak OPPO menyebutnya dengan istilah "local level customization".

Dari sumber yang sama disebutkan pula bahwa sebagian dari produk yang dihasilkan dari pabrik ini akan juga dipasarkan ke kawasan lain (Asia Selatan). OPPO sendiri telah bermitra dengan Foxconn untuk memproduksi semua perangkat yang dipasarkan ke India. Produksi pabrik baru disebutkan tidak akan mengganggu kerja sama dengan Foxconn.

Lebih jauh mengenai pasar India, berdasarkan data yang dirilis oleh Bloomberg  tahun lalu, disebutkan bahwa India merupakan negara dengan jumlah pengguna smartphone terbesar kedua setelah Tiongkok, tak heran jika negara ini telah dilirik oleh sejumlah produsen untuk menjadi target pasar mereka.

Akankah OPPO meraih sukses dan berhaya di hati konsumen smartphone India? Lita lihat saja.

Sumber: AndroidCentral | Gambar Hedaer: Ilustrasi Smartphone OPPO F1