7 February 2020

by Yudi Anggi

Overwatch League Kenalkan Stats Lab, Sumber Statistik Lengkap

Bukan hanya pemain dan manajemen tim, para fans esports juga dapat memantau perkembangan tim favoritnya

Statistik pertandingan memegang peran penting dalam perkembangan seorang atlet maupun tim esports. Karena itu, sudah banyak organisasi esports yang menyediakan analis dan juga pelatih untuk menilai performa pemainnya dan menentukan dalam aspek apa seorang pemain harus dilatih. Sebelumnya, para pemain Overwatch mengandalkan website WinstonsLab untuk mendapatkan berbagai data statistik. Erik "DoA" Lonnquist dalam sesi wawancaranya dengan Blitz Esports Overwatch juga sempat berkata "statistik seperti apa yang sebenarnya penting?" Anda tidak bisa menilai seorang bagus memainkan Reinhardt hanya dinilai dari damage blocked saja. Bagi DoA, sekarang masih sulit untuk menentukan statistik yang tepat untuk mengevaluasi setiap peran di Overwatch.

Dengan begitu Overwatch League akan membantu memperlihatkan data statistik yang lebih banyak lagi. Ben "CaptainPlanet" Trautman selaku Stats Producer untuk Overwatch League mengumumkan peluncuran Overwatch League Stats Lab. Dibagi menjadi beberapa kategori, Stats Lab akan memperlihatkan statistik dari players, heroes,matches dan team fight. 

Players

Menurut saya, bagian inilah yang paling penting bagi para pelatih, analis dan pemain. Mereka dapat menilai apa saja yang perlu ditingkatkan dan membanding performa mereka dengan pemain dari tim lain. Bagian match report berisikan tentang banyak sekali statistik setiap pemain seperti jumlah elims, final blows, deaths sampai ults earned. Anda bisa menentukan apakah Anda merasa kurang dalam jumlah elims atau Anda lambat dalam mengumpulkan charge ultimate. 

Rate ranks berisikan rata-rata data yang didapat oleh pemain selama 10 menit. Contohnya, berapa hero damage yang didapat oleh satu pemain dan siapa yang tertinggi. Data yang bisa Anda dapat adalah final blows, eliminations, hero damage, healing, solo kills, environmental kills dan deaths. Selanjutnya ada bagian career totals yang memberitahukan rekor atau jumlah suatu data untuk setiap pemain di Overwatch League.

Sumber:WinstonsLab

Yang menarik adalah, tersedia statistik Fleta deadlift di Stats Lab. Fleta deadlift adalah keadaan dimana pemain bisa mendapatkan kill lebih dari setengah total kill timnya. Kim "Fleta" Byung-sun adalah pemain aktif Shanghai Dragons di Overwatch League musim ini. Ia pertama kali mencetak rekor Fleta deadlift, ketika ia bermain untuk Flash Lux di Overwatchh APEX season 3. Flash Lux berhadapan dengan MVP Space dan Fleta mencetak 36 jumlah kills, sedangkan total kills timnya adalah 34.

Heroes

Sumber: Stats Lab

Di kategori heroes, Anda akan diberikan informasi mengenai seberapa banyak persentase suatu hero dimainkan. Anda juga dapat melihat secara spesifik persentase penggunaan suatu hero di setiap map, pertandingan, pemain dan musim Overwatch League. Ada juga bagian Overwatch League history hero usage. Dengan data ini Anda bisa melihat trend penggunaan hero yang berganti di setiap musim dengan menunjukan persentase pemakaiannya.

Matches

Untuk melihat data setiap pertandingan, Anda bisa membuka kategori matches. Anda bisa mendapatkan data statistik seperti average map score, average map duration, kemenangan beruntun yang diperoleh tim dan kemenangan tim pada suatu map. Data ini lebih dipergunakan untuk menunjukan kemungkinan kemenangan suatu tim memenangkan pertandingan selanjutnya yang didasari pada sejarah permainan tim tersebut.

Teamfights

Apabila Anda bingung untuk menentukan komposisi tim. Anda bisa meniru komposisi tim yang bermain di Overwatch League. Di kategori teamfights ini Anda dapat melihat komposisi dua tim yang bertanding beserta teamfights win rates-nya. Jadi Anda bisa menentukan komposisi tim untuk melawan komposisi hero lawan secara spesifik.