6 February 2013

by Iqbal Farabi

Ouya Buka Pre-Order, Mulai Didistribusikan pada Juni 2013

Sebelumnya kami sempat beberapa kali mengulas mengenai Ouya, konsol game berbasis sistem operasi Android. Termasuk satu dari tiga perangkat game yang kami sebut sebagai perangkat yang patut ditunggu di tahun 2013, Ouya baru pada akhir Januari lalu menyelenggarakan kompetisi Game Jam yang menghasilkan 166 prototipe game.

Kali ini muncul kabar terbaru mengenai Ouya. Dalam sebuah wawancara dengan situs The Wall Street Journal, Julie Uhrman, CEO Ouya, menyatakan bahwa mulai hari Selasa kemarin Ouya sudah tersedia untuk dipesan melalui situs Amazon. Meskipun sudah mulai dibuka pemesanan, distribusi perangkat Ouya ke konsumen baru akan dimulai pada bulan Juni tahun ini.

Seperti yang bisa dilihat pada situs Amazon, perangkat Ouya dibanderol dengan harga 99,99 dolar AS. Dengan harga tersebut, pembeli akan mendapat satu set perangkat yang terdiri dari 1 buah CPU Ouya dengan prosesor Nvidia Tegra 3 berinti empat, 1 perangkat gagang kendali (controller stick) nirkabel berbahan campuran alumunium dan plastik, serta kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB. Jika konsumen ingin membeli gagang kendali tambahan, Amazon menawarkan penjualan gagang kendali dengan harga 49,99 dolar per satuannya.

Pemesanan Ouya melalui Amazon ini tidak hanya bisa dilakukan oleh pembeli dari Amerika Serikat. Berdasarkan keterangan di situs Amazon, pembeli dari luar Amerika Serikat pun bisa memesan Ouya, meskipun tentunya harus membayar biaya pengiriman yang lebih  besar. Selain Amazon, direncanakan beberapa toko retail lain seperti Best Buy dan Target akan juga menyediakan pemesanan Ouya.

Masih dalam wawancara yang sama, Uhrman menyatakan bahwa pembukaan pemesanan Ouya tersebut terbilang sukses. Meskipun tidak secara spesifik menyebutkan berapa jumlah pesanan yang terkumpul, Uhrman memberi sedikit petunjuk bahwa untuk pemesanan selama hari Selasa kemarin saja, jumlahnya melebihi jumlah donatur Ouya di situs crowdfunding Kickstarter yang berjumlah sekitar 68.000 orang.

Jika penjualan Ouya benar-benar mengalami kesuksesan, saya sendiri berpandangan bahwa ini bisa menjadi angin segar bagi industri game. Dengan semakin menurunnya pasar game konsol konvensional, terobosan dari Ouya barangkali bisa membuka kembali antusiasme game konsol.