19 August 2014

by Yoga Wisesa

Orion4Sight, Kacamata 'Hitam' Berperforma Terbaik Dibekali Desain Kelas Militer

Terlepas dari pemilihan namanya, kacamata hitam tidak selalu hadir dengan warna hitam. Fungsi utama aksesori tersebut ialah untuk mencegah cahaya berfrekwensi tinggi dan sinar yang terlalu cerah merusak mata. Tapi menurut desainer John Galley, 99 persen klaim produsen kacamata anti-sinar matahari hanyalah sekedar gimmick pemasaran.

Galley menambahkan bahwa walaupun memang kita bisa menemukan produk kacamata dengan berbagai jenis harga di pasar, yang Anda lihat hanyalah pilihan frame berbeda. Namun untuk lensanya sendiri, kemampuannya hampir sama, tidak banyak perbedaan antara produk mahal dan murah. Lalu apa solusi terbaik dalam melindungi mata kita?

Melalui kampanye crowdfunding di Kickstarter, Galley memperkenalkan Orion4Sight. Ia disebut sebagai 'sunglasses on steroid', tapi tentu tim perancang tidak secara harfiah menyuntikkan hormon steroid di kacamata itu. Yang mereka maksudkan adalah, Orion4Sight telah terbukti memiliki performa lebih baik dibanding produk kacamata hitam biasa.

 

Info menarik: Kacamata Fashion Oakley dan Ray-Ban akan ‘Ber-Google Glass’

 

Orion4Sight merupakan versi konsumen dari kacamata hitam buatan Orion Vision Technologies yang awalnya mereka buat secara khusus untuk Pasukan Khusus Amerika Serikat (Navy SEAL hingga Marinir). Mereka telah memproduksi sun glasses kelas militer selama hampir 20 tahun dan akhirnya memutuskan agar rancangan tersebut bisa dimanfaatkan oleh khalayak luas.

Menurut pengakuan mereka yang telah mengenakan versi militernya, teknologi lensa Orion bekerja dengan sangat baik. "Bahkan saat melihat matahari langsung, saya tak pernah menyipitkan mata. Dengan begitu, saya tidak pernah merasa pusing. Hal ini merupakan keuntungan luar biasa dalam bidang pekerjaan saya," kata salah seorang Navy SEAL yang tak mau disebut namanya.

Kacamata anti-UVA dan UVB ini mampu menyajikan tingkat kontras yang jelas, mempertajam objek yang Anda lihat, memberikan akurasi dan meningkatkan saturasi warna, dengan begitu mengurangi tingkat stres pada mata.

Orion4Sight akan membungkus mata secara menyeluruh dan memblokir semua cahaya tak sehat. Ia bisa dibilang sebagai satu dari sedikit produk kacamata hitam yang memungkinkan pengguna tetap melihat jelas dalam kondisi cahaya sangat terang sekalipun. Lalu frame-nya dibuat dengan berpatokan pada desain unisex agar ia tetap cocok dikenakan pria dan wanita.

 

Info menarik: Seperti Inilah Device Virtual Reality Besutan Samsung

 

John Galley dan tim Orion Vision Technologies merancang kacamata tersebut untuk mereka yang hobi berolahraga atau melakukan aktivitas outdoor. Ia cocok bagi Anda para penggemar balapan dan otomotif, untuk pecinta sepeda, digunakan saat berlayar dan memancing, ketika bermain golf ataupun tenis, sempurna dikenakan oleh para penerbang, serta pas untuk Anda yang hobi menembak.

Versi konsumen ini memang tidak secanggih varian militernya, dan Orion Vision Technologies tetap menjaga agar paten dan rahasia teknologi mereka tetap aman. Tapi para penciptanya yakin Orion4Sight adalah kacamata anti-sinar matahari terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini. Bagaimana cara kerjanya? Anda dapat melihat diagram di bawah ini.

Dengan menjadi backer di Kickstarter, Anda bisa mendapatkan Orion4Sight dengan harga antara US$ 80 hingga 95. Tentu saat versi retailnya sudah tersedia, harga ditawarkan lebih tinggi, yaitu US$ 190.