Dark
Light

Oppo N1 Resmi Diluncurkan, Hadir dengan Custom ROM Android dari CyanogenMod

1 min read
September 24, 2013

Sebelumnya kami sudah beberapa kali mengulas mengenai berbagai rumor dan bocoran perangkat Oppo N1. Belum satu bulan sejak rumor mengenai perangkat ini beredar, pada tanggal 23 September kemarin Oppo N1 akhirnya resmi diluncurkan. Bagaimana spesifikasi resmi perangkat ini?

Berbekal prosesor Snapdragon 600 quad core 1,7 GHz, GPU Adreno 320, dan memori RAM 2 GB, Oppo N1 jelas ditujukan untuk kelas premium. Dengan ukuran layar sebesar 5,9 inci dan 337 ppi, Oppo N1 nampaknya akan dilepas sebagai pesaing phablet Android lainnya seperti Galaxy Note 3 dan Xperia Z Ultra.

Meneruskan tren perangkat-perangkat ponsel pintar yang mencoba menambah keunggulan kameranya, Oppo N1 hadir dengan sebuah inovasi yang unik. Pada ponsel pintar lain, biasanya terdapat dua kamera dengan kamera depan memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari kamera belakang. Oppo N1 justru hanya memiliki satu kamera saja. Perbedaannya, kamera beresolusi 13 megapiksel yang dimiliki Oppo ini bisa diputar sehingga bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan menghadap ke depan ponsel atau ke belakang. Menurut Engadget, Oppo mengklaim bahwa kamera berputarnya kuat hingga lebih dari 100.000 kali putaran, yang setara dengan 7 tahun jika setiap harinya kamera diputar sebanyak 40 kali.

Dari segi sistem operasi, Oppo akan dirilis dalam tiga varian. Varian pertama adalah berjalan di atas sistem operasi Android 4.2 dengan skin Color UI yang dikembangkan secara internal oleh Oppo. Untuk varian kedua dan ketiga, Oppo bekerjasama dengan CyanogenMod, sebuah custom ROM Android yang baru-baru ini dikembangkan menjadi perusahaan sendiri. Dikatakan bahwa akan terdapat varian Oppo yang hadir dengan pilihan Color UI dan Cyanogen Mod, serta varian yang eksklusif hanya berisi custom ROM dari CyanogenMod saja.

Oppo N1 akan mulai dipasarkan pada bulan Oktober dengan harga $570 di Cina. Melihat rekam jejak Oppo di Indonesia, saya sendiri yakin bahwa Oppo N1 akan dipasarkan juga di sini dalam waktu dekat.

 

Sumber: Android Authority, Engadget, The Verge.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

BBM Lintas Platform Tidak Akan Tersedia Minggu Ini

Next Story

Lima Tahun Android dan Bagaimana Masa Depannya Lima Tahun Lagi?

Latest from Blog

Don't Miss

OPPO Pamerkan 6 AI Generatif Canggih yang Hadir di Reno12 Series

Kehadiran fitur-fitur AI ke dalam smartphone kini jadi semakin populer,

OPPO Siap Rilis Reno12 Series, Akan Gelar Banyak Acara

OPPO tengah bersiap untuk merilis perangkat baru yaitu Reno12 Series.